• Sabtu, 20 Agustus 2022

Dapat Dukungan Kementan, Anies Pastikan Hewan Kurban di Jakarta Bebas PMK

- Selasa, 5 Juli 2022 | 09:00 WIB
Hewan kurban di Jakarta dipastikan bebas PMK  (baznas.go.id)
Hewan kurban di Jakarta dipastikan bebas PMK (baznas.go.id)

Watyutink.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan 47 ribu ekor hewan qurban yang ada di ibu kota aman dan bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK). Anies mengaku pihaknya telah mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian (Kementan) soal penyediaan bahan pangan, termasuk hewan kurban. Hal inilah yang membuat Pemprov DKI Jakarta yakin akan kualitas bahan pangan tersebut.

Terkait hewan kurban, Anies menerangkan saat ini sudah ada 42.000 ekor. Sisanya sebanyak 5.000 ekor akan segera datang. Anies menyebut saat ini masih dalam proses pemeriksaan guna memastikan bebas PMK. Diperkirakan sebelumnya Hari Raya Idul Adha semuanya sudah beres.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi atas dukungan Kementan. Hal ini mengingatkan 95 persen kebutuhan pangan di Jakarta dipasok dari luar kota. Kepastian pasokan menurut Anies adalah kabar baik bagi masyarakat di ibu kota.

"Saya sangat apresiasi karena kita tahu kebutuhan pangan jakarta dipasok dari luar kota dan kepastian pasukan ini menjadi angin segar sehingga kita lebih tenang dan harga stabil sehingga inflasi dapat kita kendalikan," katanya.

Sementara itu jelang Hari Raya Idul Adha, Kementan memastikan ketersediaan aneka kebutuhan pangan, seperti bawang, minyak goreng, beras dan aneka jenis cabai. Termasuk juga hewan ternak guna menjamin tersedianya daging. Hal itu disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di acara peluncuran Dukungan Kementerian Pertanian dalam Penyediaan Ternak Kurban dan Pangan Strategis Bagi Wilayah DKI Jakarta, Senin 4 Juli 2022.

Syahrul menekankan pihaknya juga melakukan hal serupa di seluruh wilayah Indonesia. Kementan telah melakukan pemetaan terkait supply dan demand di Indonesia.

"Intinya saya dengan pemprov DKI dan dengan Gubernur lain terbuka untuk melakukan supporting system terhadap kebutuhan pangan yang ada di masing masing wilayah. Kita mau yakinkan bahwa suplai kita cukup dan neraca kita aman," ujar mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) ini

Khusus untuk cabai dan hewan ternak, Mentan memastikan akan ada pasokan besar dari sejumlah daerah seperti Sumedang, Wonosobo, Temanggung, Kediri dan Sulawesi. Sedangkan untuk hewan ternak, Yasin menyebut pihaknya terus melakukan vaksinasi. Tindakan ini guna memastikan hewan ternak yang dipasok sehat dan bebas PMK.

Politisi Partai NasDem ini menuturkan sapi yang berasal dari zona merah PMK harus melalui sejumlah pemeriksaan. Termasuk juga menjalani karantina dan pemberian vitamin. Saat ini menurut Syahrul terdapat 3 juta vaksin yang siap digunakan. Sebabnya 800 ribu sudah digunakan dan sisanya masih tersimpan di Bogor, Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X