• Senin, 15 Agustus 2022

Harga Cabai di Atas Rp100 Ribu, Mendag: Biar Petani Dapat Untung

- Selasa, 5 Juli 2022 | 13:00 WIB
Mendag Zulkifli Hasan berdialog dengan pedagang di Pasar Ciracas Jakarta Timur  (kemendag.go.id)
Mendag Zulkifli Hasan berdialog dengan pedagang di Pasar Ciracas Jakarta Timur (kemendag.go.id)

Watyutink.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan komentar soal mahalnya harga beberapa kebutuhan pokok, salah satunya cabai rawit dan cabai keriting. Pria yang biasa disapa Zulhas ini mengatakan lonjakan harga cabai bisa menjadi kesempatan para petani meraup keuntungan.

Saat mengunjungi Pasar Ciracas Jakarta Timur, Selasa 5 Juli 2022, Zulhas menuturkan cabai adalah tanaman musiman. Itulah sebabnya saat harga cabai naik, saat itulah para petani berkesempatan mendapatkan untung.

"Jadi karena memang itu musiman. Tapi kalau cabai saya kira tidak apa-apa lah, sekali-sekali petani biar panen, biar untung," ujar Zulhas.

Meski demikian Ketus Umum PAN ini menyebut harga cabai rawit dan cabai keriting saat ini sudah mulai turun, yakni sekitar Rp100 ribu per kilogram (kg). Zulhas pun meminta masyarakat memakluminya. Menurutnya kondisi tersebut disebabkan faktor musim.

"Sekarang harga cabai keriting naik lagi hingga lebih dari Rp100 ribu per kilogram (kg), dan cabe rawit juga di atas Rp100 ribu per kg," kata Zulhas.

Untuk itulah Zulhas mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) guna mengatasi masalah musim yang menyebabkan kenaikan harga kebutuhan pokok. Salah satunya dengan memanfaatkan pertanian dengan sistem hidroponik.

"Jangka panjang menteri pertanian melalui skema KUR akan mengembangkan tanaman hidroponik. Jadi tidak terpengaruh lagi soal musim. Sehingga kita harapkan nanti harga cabai bisa stabil," kata Zulhas.

Terkait harga komoditas lainnya, mantan Menteri Kehutanan ini menyebut saat ini masih stabil. Meski ada penurunan, Zulhas mengakui masih dirasa mahal. Ia mencontohkan, harga daging yang mulai turun dari semula Rp150 ribu menjadi Rp140 ribu hingga Rp135 ribu per kg

Harga telur ayam yang semula Rp30 ribu kini menjadi Rp27 ribu per kg. Harga daging ayam dari Rp48.000 per kg turun jadi Rp45.500 per kg. "Tapi itu masih tinggi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X