• Selasa, 9 Agustus 2022

BBM Subsidi Dibatasi, Inova, Fortuner dan Pajero Sport Bakal Haram Minum Pertalite

- Rabu, 6 Juli 2022 | 14:15 WIB
Toyota Fortuner dan Kijang Inova (YouTube )
Toyota Fortuner dan Kijang Inova (YouTube )

Watyutink.com - Pemerintah mulai melakukan kajian terkait rencana pembatasan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Hal ini dilakukan guna memastikan pemberian subsidi bisa tepat sasaran. Salah satu caranya dengan mewajibkan masyarakat yang akan membeli BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Solar mendaftar melalui aplikasi MyPertamina.

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Saleh Abdurrahman mengatakan pihaknya sudah melakukan kajian terhadap beberapa kendaraan yang tidak boleh menggunakan Pertalite dan Solar, baik mobil maupun sepeda motor. Saleh menyebut pembatasan dilakukan dengan melihat kapasitas mesin atau cubical centimeter (cc).

Nantinya hanya mobil dengan kapasitas mesin di bawah 2.000 cc yang boleh 'minum' Pertalite dan Solar. Sedangkan untuk sepeda motor berlaku untuk kapasitas mesin di atas 250 cc.

"Kalau untuk mobil mewah yang dalam kajian itu yang 2.000 cc ke atas. Untuk sepeda motor di atas 250 cc, "ujar Saleh beberapa saat lalu.

Saleh menegaskan hal tersebut masih berupa kajian dan belum final. Terlebih saat ini ada beberapa mobil yang meski berkapasitas mesin kecil tapi menggunakan turbo.

"Tapi ini belum diputuskan ya," imbuh Saleh.

Meski masih berupa kajian, para pemilik kendaraan tampaknya harus mulai bersiap meninggalkan BBM bersubsidi seperti Pertalite dan Solar. Terdapat beberapa jenis dan merek mobil yang diketahui mempunyai kapasitas mesin di bawah 2.000 cc.

Mobil dengan merek Toyota yang berkapasitas mesin di atas 2.000 cc adalah, All New Voxy - 2.0 L, New Alphard - 2.5 L dan 3.5 L, New Vellfire - 2.5 L, New Venturer - 2.4 L, New Kijang Innova - 2.4 L, New Camry - 2.5 L, New Camry Hybrid - 2.5 L, Land Cruiser 300 - 3.3 L serta New Fortuner - 2.4 L dan 2.8 L.

Mobil dengan merek Honda yang bakal dilarang mengonsumsi Pertalite adalah Civic Type R - 2.0 L dan New CR-V - 2.0 L. Mobil dengan merek Mitsubishi adalah New Pajero Sport - 2.4 L dan Outlander PHEV - 2.4 L.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X