• Senin, 15 Agustus 2022

Makanan Jamaah Haji Banyak yang Basi, Menag Janji Ganti 15 Riyal Per Orang

- Rabu, 6 Juli 2022 | 15:30 WIB
Makanan yang disajikan untuk jamaah haji Indonesia  (kemenag.go.id)
Makanan yang disajikan untuk jamaah haji Indonesia (kemenag.go.id)

Watyutink.com - Politisi PKS Bukhori Yusuf mengaku kecewa dengan pelayanan terhadap jamaah haji Indonesia. Pasalnya biaya yang dikeluarkan jamaah tidak sebanding dengan pelayanan yang menurut Bukhori buruk. Salah satu yang disoroti Bukhori adalah makanan yang diterima para jamaah haji Indonesia.

Saat berbicara di Arab Saudi, Selasa 5 Juli 2022, Bukhori menyebut kualitas katering yang disedialan untuk jamaah haji Indonesia sangat rendah. Padahal jamaah membayar 18 riyal atau setara dengan Rp72 ribu untuk seporsi makanan. Jika dibandingkan antara harga dan kualitasnya, harga makanan jamaah haji Indonesia sangat mahal.

"Kami nilai harga tersebut terlalu mahal,” ujar Bukhori.

Anggota Komisi VIII DPR RI ini mengakui frekuensi makan jamaah bertambah jika dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini jamaah mendapat makan 3 kali sehari. Namun dengan kualitas yang rendah, menurut Bukhori justru membuat masalah.

Menu yang diberikan sangat sederhana, hanya terdiri dari nasi dan 2 jenis lauk. Kondisi yang lebih memprihatinkan menurut Bukhori adalah banyak makanan yang saat disajikan sudah dalam kondisi basi. Akibatnya jamaah yang terlanjur memakannya mengalami sakit perut hingga harus mendapat perawatan medis.

Bukhori juga menyoroti kasur yang diterima jamaah sangat tidak nyaman karena ukurannya sangat kecil. Politisi asal Jepara, Jawa Tengah ini juga kecewa dengan sarana dan prasarana lain yang menurutnya sangat rendah kualitasnya. Padahal sarana dan prasarana tersebut diperlukan untuk mendukung kenyamanan jemaah dalam menunaikan ibadah haji.

Sarana dan prasarana yang dicontohkan Bukhori, antara lain fasilitas toilet, pendingin ruangan (AC), tenda, dan berbagai komponen lain yang mendukung kenyamanan ibadah jemaah.

"Sangat disayangkan, semua itu jauh dari harapan setelah Komisi VIII DPR meninjau langsung ke lapangan,” tutur Bukhori.

Sementara itu Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta para petugas memberikan pelayanan terhadap jamaah haji harus dengan maksimal. Terkait makanan, Yaqut menegaskan jika ada yang basi, jamaah akan diberikan makanan pengganti atau uang sebesar 15 riyal.

Saat berbicara di Mekkah, Arab Saudi, Selasa 5 Juli 2022, Yaqut menerangkan setiap makanan yang disajikan mempunyai masa berlaku. Ia menyebut makanan pagi paling lama jam 09.00, makanan siang jam 17.00 dan makanan malam paling lama jam 23.00 waktu Arab Saudi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X