• Jumat, 9 Desember 2022

Jamaah Haji Indonesia Mulai Bergerak ke Arafah, 182 Orang Jalani Safari Wukuf

- Kamis, 7 Juli 2022 | 14:00 WIB
Suasana Arafah tempat jamaah haji laksanakan ibadah wukuf  (watyutink.com/yusuf rinaldy )
Suasana Arafah tempat jamaah haji laksanakan ibadah wukuf (watyutink.com/yusuf rinaldy )

Watyutink.com - Jamaah haji Indonesia dikabarkan mulai bergerak menuju Arafah untuk melaksanakan ibadah wukuf. Hal ini dilakukan menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji pada Jumat 9 Dzul Hijjah 1443 Hijriah atau 8 Juli 2022.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Mukhammad Khanif dalam keterangannya seperti dikutip dari laman kemenag.go.id Kamis 7 Juli 2022 mengatakan jamaah akan dibagi dalam 3 jam keberangkatan, yakni pukul 07.00-10.00, pukul 10.00-14.00 dan pukul 14.00-17.00 Waktu Arab Saudi. Pembagian jam keberangkatan jamaah ke Arafah ditentukan oleh para ketua kloter setelah berkoordinasi dengan maktab.

"Diharapkan pukul 17.00 seluruh jamaah haji sudah diberangkatkan dari Makkah ke Arafah," kata Khanif di Makkah.

Khanif menerangkan disediakan 16 unit bus yang akan membawa para jamaah dari setiap maktab. Jamaah haji Indonesia diketahui berada di maktab 1 sampai 43. Nantinya semua petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) akan memonitor seluruh maktab dan memastikan tidak ada jamaah yang tertinggal. Pemberangkatan dari masing-masing maktab sudah diatur sesuai kesepakatan.

Tenda tempat jamaah haji melakukan wukuf (watyutink.com/yusuf rinaldy )

"Kita berharap semua berjalan lancar dan jamaah bisa sampai di Arafah sebei malam.," ujar Khanif.

Selain di hotel, petugas juga akan melakukan sweeping. Hal ini guna memastikan seluruh jamaah Indonesia sudah naik bus dan berangkat menuju Arafah. Setelah dipastikan tidak ada jamaah Indonesia yang tertinggal di Mekkah, barulah petugas PPIH berangkat menuju Arafah.

“Di Masjidil Haram kita ada petugas khusus, ini juga akan lakukan sweeping setelah jamaah diberangkatkan ke  Arafah," ujarnya.

Khanif mengimbau jamaah haji menjaga kesehatan untuk pelaksanaan puncak haji, Jumat, 8 Juli 2022. Lantaran cuaca di Mekkah dan Arafah sedang panas, Khanif menyarankan para jamaah selalu membawa air minum, juga makanan seperti kurma dan sebagainya.

Terhadap jamaah haji yang sakit akan dilakukan safari wukuf. Lantaran wukuf di Arafah adalah ibadah wajib yang tidak bisa di wakilkan, para jamaah haji yang sakit tetap harus berada di Arafah pada Jumat 9 Dzul Hijjah. Itulah sebabnya mereka akan melakukan safari wukuf, yakni berada di Arafah dengan menggunakan peralatan kesehatan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

RKUHP Disahkan, Pengamat: Indonesia Makin Mirip China

Kamis, 8 Desember 2022 | 14:30 WIB
X