• Senin, 15 Agustus 2022

Kerjasama Makin Erat, NasDem, Demokrat, PKS Bentuk Tim Bahas Nama Capres-Cawapres

- Kamis, 7 Juli 2022 | 15:00 WIB
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya (Instagram @adityawilly)
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya (Instagram @adityawilly)

Watyutink.com - Kerjasama 3 partai, yakni NasDem, Demokrat dan PKS dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tampaknya making serius. Terbukti dengan ketiga partai telah mulai berbicara soal figur yang bakal diusung sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres).

Bahkan dalam waktu dekat ketiga partai akan membentuk tim kecil guna mematangkan nama Capres-Cawapres yang bakal diusung. Hal itu dikatakan Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya saat memberikan keterangan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selasa 5 Juli 2022.

"Rencana ya kita akan ada pertemuan lagi dalam waktu dekat, tapi tidak sebesar apa yang, kalau kemarin itu kan rombongan besar-besaran, mungkin lebih tim kecil untuk mendalami itu," ujar Willy.

Anggota Komisi XI DPR RI ini menerangkan pada pertemuan sebelumnya, ketiga partai masih belum membicarakan nama. Pembicaraan hanya sebatas bagaimana platform kerjasama antara mereka. Dalam pertemuan berikutnya yang akan dilaksanakan barulah salah satunya bakal membahas nama Capres-Cawapres.

"Mungkin pertemuan berikutnya baru bicara nama," kata Willy.

Partai NasDem dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 17 Juni 2022 lalu memutuskam mengajukan 3 nama sebagai kandidat Capres. Ketiganya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Willy menyebut pihaknya sudah menyampaikan hal itu kepada Demokrat dan PKS.

"Jadi masih menyamakan frekuensi. Kalau ibarat di radio itu lagi muter-muter, lagi dicari mana yang presisi betul. Jadi belum mengerucut pada nama," ujarnya.

Willy memastikan nama yang bakal diusung tidak akan diumumkan pada detik-detik akhir. Itulah sebabnya NasDem bakal terus menjalin komunikasi secara lebih intensif dengan Demokrat dan PKS agar segera bisa mengumumkan nama kandidat yang bakal bersama-sama didukung. Hal itu menurut Willy sesuai denhan arahan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

"Pak Surya memberikan poin kepada kami semua, tentu koalisi ya enggak last minute. Kami berusaha alon-alon asal kelakon betul, kapan harus mendeklarasikan koalisi, tambahan Willy.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X