• Selasa, 9 Agustus 2022

Jadi Saksi Persidangan, Fadli Zon Sebut Habib Bahar Tidak Bohong Soal Penyiksaan Laskar FPI

- Jumat, 8 Juli 2022 | 14:00 WIB
Fadli Zon jadi saksi di persidangan Habib Bahar  (Instagram @fadlizon)
Fadli Zon jadi saksi di persidangan Habib Bahar (Instagram @fadlizon)

Watyutink.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyatakan pimpinan Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin, Pabuaran, Kemang, Kabupaten Bogor, Habib Bahar bin Smith tidak berbohong soal jenazah anggota Front Pembela Islam (FPI) yang menjadi korban pembunuhan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek kilometer (Km) 50.

Hal itu disampaikan Fadli saat menjadi saksi dalam sidang kasus dugaan penyebaran berita bohong di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Kamis 7 Juli 2022. Fadli mengaku dirinya ikut membantu proses pemulangan jenazah 6 Laskar FPI ke pihak keluarga. Itulah sebabnya Fadli yakin pernyataan Habib Bahar mendekati kebenaran.

"Yang disampaikan Habib Bahar mendekati kebenaran terkait fakta-fakta jenazah korban KM 50," ucapnya.

Fadli menjelaskan dirinya diminta bantuan oleh mantan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab membantu proses pemulangan jenazah di Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur. Pasalnya pihak keluarga ingin 6 jenazah anggota Laskar FPI itu dimakamkan secara layak sesuai syariat Islam.

"Saya membantu proses mengeluarkan enam jenazah yang wafat masih berada di rumah sakit. Saya sebagai anggota DPR mempunyai kewajiban kepada masyarakat," tutur Fadli Zon.

Saat itulah anggota Komisi I DPR RI itu melihat langsung jenazah Andri Oktiawan yang penuh luka dan bekas peluru. Fadli mengakui bukan ahli. Namun ia memastikan adanya luka lebam, memar, dan bekas jahitan. Luka itu terlihat jelas setelah jenazah dimandikan.

"Saya melihat secara langsung, ada yang motret dan memperlihatkan bagian luka dan bekas peluru. Saya bukan ahli. Di situ banyak sekali luka lebam, di mata kirinya jenazah luka, ada beberapa jaitan di bagian tubuh, kemudian luka memar, tadinya tidak terlihat sebelum dimandikan," tutur Fadli.

Dalam persidangan sempat terjadi dialog antara Habib Bahar dan Fadli. Habib Bahar menanyakan soal kondisi 5 jenazah yang lain. Hal itu terkait dengan foto-foto jenazah yang sempat beredar. Fadli mengatakan kondisi 5 jenazah lainnya tak jauh beda dengan Andri Oktiawan.

"Saya juga sudah melihat foto-foto itu, dari video yang ada, kurang lebih sama terhadap jenazah lain, ada dugaan penyiksaan, luka-luka, lebam dan lainnya," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X