• Jumat, 9 Desember 2022

Laksanakan Lempar Jumroh, Jamaah Haji Indonesia Diminta Patuhi Jadwal

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 10:30 WIB
Jamaah haji melaksanakan ibadah lempar jumroh  (Twitter @hHaramainInfo)
Jamaah haji melaksanakan ibadah lempar jumroh (Twitter @hHaramainInfo)

Watyutink.com - Jamaah haji Indonesia sudah hari ini sudah mulai melakukan ibadah lempar jumroh. Hal ini setelah sebelumnya melaksanakan wukuf di Arafah dilanjutkan dengan mabit di Muzdalifah. Jamaah pun sudah mulai berkumpul di Mina untuk melontar jumroh yang pertama, yakni Aqobah.

Lontar jumroh adalah salah satu dari rangkaian ibadah haji yang cukup krusial. Tak jarang dalam ibadah ini jatuh korban. Pasalnya jamaah haji dari seluruh dunia akan berkumpul di Jamarat. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengatur jadwal pelaksanaan lontar jumroh tahun ini dimulai pada Sabtu 10 Dzul Hijjah 1443 Hijriah pukul 04.30 Waktu Arab Saudi (WAS)

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arsad Hidayat meminta jamaah Indonesia memperhatikan jadwal tersebut. Saat memberikan penjelasan, seperti dikutip dari laman kemenag.go.id, Sabtu 9 Juli 2022, Arsad menjelaskan selain jam tersebut lempar jumroh juga bisa dilakukan pada pukul 16.00 hingga 21.00 WAS.

"Tahun ini, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menetapkan jadwal lempar jumrah Aqabah pada 10 Dzulhijjah dilakukan sejak dini hari sampai pukul 04.30 Waktu Arab Saudi (WAS)," kata Arsad.

Arsad meminta jamaah Indonesia melontar jumroh pada waktu yang telah ditentukan. Hal guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Terlebih cauca di Arab Saudi saat sangat panas hingga mencapai 45 derajat selsius.

"Pemilihan waktu juga melihat kondisi dari cuaca yang sangat panas, akan lebih baik dan maslahat jika dilakukan di waktu yang saya sampaikan tadi," katanya.

Batu kerikil untuk melempar jumroh (watyutink.com/yusuf rinaldy )

Arsad menambahkan penyesuaian juga dilakukan saat jamaah melontar jumroh Ula, Wustho dan Aqobah.  Biasanya jamaah Indonesia melontar pada tengah makam hingga pukul 06.00 WAS. Sisanya akan melempar jumrah mulai pukul 17.00 WAS hingga 22.00 WAS.

"Termasuk jumrah pada Hari Tasyrik, ini dilakukan sama. Sebanyak 50 persen dari tengah malam sampai 06.00 dan 50% sisanya akan dilakukan mulai pukul 17.00 sampai 22.00," kata Arsad.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

RKUHP Disahkan, Pengamat: Indonesia Makin Mirip China

Kamis, 8 Desember 2022 | 14:30 WIB
X