• Selasa, 9 Agustus 2022

Mendag Ajak Rakyat Pilih Anaknya Sambil Bagikan MinyaKita Gratis, Warganet: Etikanya Anccorrr

- Senin, 11 Juli 2022 | 10:00 WIB
Mendag Zulkifli Hasan bersama anaknya Futri Zulya Savitri bagikan MinyaKita gratis di Lampung (Twitter )
Mendag Zulkifli Hasan bersama anaknya Futri Zulya Savitri bagikan MinyaKita gratis di Lampung (Twitter )

Watyutink.com - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya pria yang biasa disapa Zulhas ini kedapatan membagi-bagikan minyak goreng curah 'MinyaKita' secara gratis kepada masyarakat, terima ibu-ibu. Namun pembagian tersebut disertakan ajakan agar memilih anaknya, Futri Zulya Savitri di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lampung.

Kejadian itu terjadi pada Sabtu 9 Juli 2022. Saat itu Zulhas tengah menghadiri acara pasar murah di Kecamatan Teluk Batang, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung yang diselenggarakan oleh DPD PAN Lampung.

Dalam video yang sempat beredar dan menjadi viral di media sosial (medsos) itu pada awalnya ibu-ibu diharuskan membayae Rp10.000 untuk 2 liter minyak goreng 'MinyaKita.' Namun Zulhas mengatakan semua minyak goreng yang tersebut sudah dibayar oleh Futri. Sehingga ibu-ibu yang hadir di acara dengan judul PANsar Murah itu bisa mendapatkan minyak goreng secara cuma-cuma.

“Uangnya gak usah, dikantongin aja. 10 ribu yang nanggung Futri. Nanti pilih Futri, ada deh ginian 2 bulan sekali,” ujar Ketua Umum PAN ini yang langaung disambut sorak-sorai dan tepuk tangan para ibu.

Video ajak Zulhas itu langsung menuai komentar warganet. Sebagian besar menyayangkan tindakan tersebut. Pasalnya Zulhas adalah seorang menteri yang kehadirannya mewakili pemerintah. Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu menyebut tindakan Zulhas mempromosikan anaknya telah melecehkan etika politik dan etika pejabat.

“Etika politik dan etika pejabat publik diinjak-injak seenaknya," ujar Said melalui cuitan di akun twitternya @ msaid_didu Minggu 10 Juli 2022.

Said mempertanyakan etika Zulhas sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Menteri Kehutanan itu menurut Said telah 'menyogok.' rakyat. Lebih aneh lantaran hal itu dilakukan bukan di masa kampanye serta menggunakan fasilitas negara dan uang rakyat. Said pun menilai Zulhas telah melakukan money politik.

"Etikanya sdh ancoorrr, " ujar Said dalam cuitannya yang lain, Senin 11 Juli 2022.

Warganet yang lain, pemilik akun @AfifFuads juga mempertanyakan tindakan Zulhas mengkampanyekan anaknya sambil bagi-bagi minyak goreng gratis. “Ini gimana ya? Beliau Mendag, soal minyak goreng murah adalah salah satu domain dia, tapi dia promo anaknya buat dipilih masyarakat dengan iming-iming minyak goreng gratis.”

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X