• Senin, 15 Agustus 2022

Sapi Kurban Anies Nomor 024, Pemprov DKI Jakarta: Nggak Ada Hubungannya dengan Politik

- Senin, 11 Juli 2022 | 14:00 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyembelih hewan kurban di Lebak Bulus, Jakarta Selatan  (Instagram @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyembelih hewan kurban di Lebak Bulus, Jakarta Selatan (Instagram @aniesbaswedan)

Watyutink.com - Keunikan terjadi saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghaskri sholat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu 10 Juli 2022. Saat menyerahkan hewan kurban kepada panitia, sapi dari Anies mendapat nomor urut 024. Hal itu sontak dikaitkan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Namun Pemprov DKI Jakarta langsung menepis anggapan tersebut. Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan hewan kurban diberikan Anies murni untuk ibadah. Riza pun meminta penomoran sapi tidak dihubungkan dengan politik.

"Nggak ada hubungannya. Jangan dihubungkan dengan politik," kata Riza saat memberikan keterangan, Minggu 10 Juli 2022 di JIS.

Politisi Partai Gerindra ini menuturkan ibadah kurban adalah bentuk upaya kita menjatuhkan diri dari keserakahan. Sebaliknya kurban justru bermakna ketulusan dan keikhlasan.

"Kurban dengan segala ketulusan, keikhlasan dijauhkan dari keserakahan," ujar Riza.

Sementara itu saat menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada panitia, Anies memastikan sapi limosin berwarna cokelat itu sehat dan bebas penyakit mulut dan kuku (PMK). Pasalnya sapi seberat 1,2 ton itu sudah diperiksa Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Pertanian.

"Dengan mengucap bismillah, kami serahkan hewan kurban kepada panitia untuk didistribusikan di Jakarta. Insyaallah kurban ini diterima dan dilipatgandakan," ucap Anies saat menyerehkan hewan kurban.

Selain di JIS, Anies juga menyerahkan hewan kurban di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, tempat Anies dan keluarganya bermukim. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu bahkan menyembelih sendiri sapi jenis Brahman seberat 1 ton yang oleh panitia mendapat nomor urut 02.

Anies datang ke lokasi penyembelihan sekitar pukul 11.00 WIB menyatakan sudah terbiasa menyembelih hewan kurban. Menurutnya hal itu sudah menjadi tradisi keluarganya sejak kecil. Anies menyebut ayahnya sendiri yang mengajarinya bagaimana cara menyembelih hewan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X