• Senin, 15 Agustus 2022

Tegur Zulhas Promosikan Anaknya, Jokowi: Kerjakan yang Saya Tugaskan

- Selasa, 12 Juli 2022 | 10:30 WIB
Jokowi menyalami Zulhas usai dilantik sebagai Menteri Perdagangan di Istana Negara Jakarta Rabu 15 Juni 2022 (setkab.go.id)
Jokowi menyalami Zulhas usai dilantik sebagai Menteri Perdagangan di Istana Negara Jakarta Rabu 15 Juni 2022 (setkab.go.id)

Watyutink.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya bersikap atas tindakan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas yang kedapatan membagi-bagikan minyak goreng 'MinyaKita' sambil mempromosikan anaknya Futri Zulya Savitri.

Jokowi menegaskan telah menegur Zulhas. Saat menghadiri acara penyerahan bantuan sosial kepada pedagang dan masyarakat di Pasar Sukamandi, Subang, Jawa Barat, Selasa 12 Juli 2022, Jokowi menyebut telah memerintahkan Zulhas fokus pada tugasnya, yakni menurunkan harga minyak goreng hingga Rp14.000 per liter.

"Kalau menteri perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin. Bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp 14.000 atau di bawah Rp14.000. Paling penting itu, tugas dari saya itu," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta Zulhas sebagai Mendag aktit mengunjungi berbagai pasar. Bukan hanya minyak goreng, aneka komoditas pangan juga harus dicek harganya agar selalu terkau masyarakat. Khusus untuk minyak goreng, Jokowi meminta Zulhas fokus pada minyak goreng curah.

"Jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium (yang dicek). Yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya di angka Rp14.000 di atau di bawahnya," tegasnya.

Jokowi menambahkan di Jawa secara umum harga minyak goreng curah sudah mulai stabil. Semua pasar yang didatanginya sudah menjual minyak goreng curah seharga Rp14.000 per liter. Ia pun meminta Zulhas melakukan hal yang sama di luar Jawa. Jokowi berharap tugas yang dibebankannya kepada Zulhas bisa diselesaikan satu per satu.

Sebelumnya Mendag Zulkifli Hasan sempat menjadi sorotan publik. Pasalnya pria yang biasa disapa Zulhas ini kedapatan membagi-bagikan minyak goreng curah 'MinyaKita' secara gratis kepada masyarakat, terima ibu-ibu. Namun pembagian tersebut disertakan ajakan agar memilih anaknya, Futri Zulya Savitri di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lampung.

Kejadian itu terjadi pada Sabtu 9 Juli 2022. Saat itu Zulhas tengah menghadiri acara pasar murah di Kecamatan Teluk Batang, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung yang diselenggarakan oleh DPD PAN Lampung.

Dalam video yang sempat beredar dan menjadi viral di media sosial (medsos) itu pada awalnya ibu-ibu diharuskan membayae Rp10.000 untuk 2 liter minyak goreng 'MinyaKita.' Namun Zulhas mengatakan semua minyak goreng yang tersebut sudah dibayar oleh Futri. Sehingga ibu-ibu yang hadir di acara dengan judul PANsar Murah itu bisa mendapatkan minyak goreng secara cuma-cuma.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X