• Senin, 15 Agustus 2022

BNN Tegaskan Tolak Legalisasi Ganja, Termasuk untuk Medis

- Rabu, 13 Juli 2022 | 09:00 WIB
Kepala BNN Komjen Petrus Reinhard Golose  (bnn.go.id)
Kepala BNN Komjen Petrus Reinhard Golose (bnn.go.id)

Watyutink.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Petrus Reinhard Golose menegaskan pihaknya tidak akan pernah menyetujui usulan legalisasi ganja untuk semua keperluan, termasuk medis. Golose mengatakan ada kepentingan yang lebih besar ketimbang melegalisasi ganja, yakni masa depan generasi muda Indonesia.

Saat memberikan keterangan kepada awak media, Selasa 12 Juli 2022 Golose mengakui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menurunkan level keberbahayaan ganja dari 4 menjadi 1. Namun PBB membebaskan masing-masing negara menentukan sikap atas keputusan tersebut.

"Saya sebagai Ketua BNN, saya lebih cenderung menyelamatkan generasi muda Indonesia, generasi bangsa ini daripada melegalkan, itu sikap BNN," kata Golose.

Mantan Kapolda Bali ini menambahkan sampai saat ini tidak ada rencana legalisasi ganja. Kalau pun ada, Golose menegaskan itu hanyalah isu-isu semata.

"Saya sampaikan tidak ada sekarang legalisasi, sekarang baru ada isu-isu diantara kalian," jelasnya.

Golose menuturkan PBB sempat menggelar pertemuan yang membahas legalisasi ganja di Thailand beberapa saat lalu. Di forum itu Indonesia secara tegas menolak usulan tersebut. Sikap Indonesia juga diikuti beberapa negara di ASEAN, kecuali Thailand yang saat ini telah melegalkan pemakaian ganja.

"Tapi, dalam pembicaraan minister level untuk against drugs, saya juga berbicara atas nama bangsa Indonesia saya tidak setuju dan diikuti oleh beberapa negara ASEAN," tandasnya.

Sebelumnya usulan legalisasi ganja untuk kepentingan medis di tanah air sempat mengemuka. Seorang wanita asal Yogyakarta, Santi Warastuti sengaja datang di acara Car Free Day (CFD) Jakarta, Minggu 26 Juni 2022 bersama anaknya yang bernama Pika. Santi terlihat membawa papan bertuliskan "Tolong Anakku Butuh Ganja Medis." Belakangan diketahui Pika menderita kelainan otak.

Dalam buku 'Hikayat Pohon Ganja' disebutkan ada 30 penyakit yang bisa diobati dengan ganja. Buku tersebut adalah hasil riset yang dilakukan Lingkar Ganja Nusantara (LGN). Beberapa penyakit dimaksud antara lain alzheimer, glaukoma, masalah buang air, radang sendi, kanker sampai cerebral palsy (CP).

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X