• Senin, 15 Agustus 2022

Jokowi Perintahkan Kapolri Usut Kasus Penembakan di Rumah Kadiv Propam

- Rabu, 13 Juli 2022 | 11:30 WIB
Jokowi saat memberikan keterangan di Subang, Jawa Barat, Selasa 12 Juli 2022 (setkab.go.id)
Jokowi saat memberikan keterangan di Subang, Jawa Barat, Selasa 12 Juli 2022 (setkab.go.id)

Watyutink.com - Peristiwa baku tembak di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo mendapat perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan Jokowi secara tegas memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusut tuntas kasus yang menewaskan seorang anggota Polri bernama Brigadir J atau Nofryansah Yosua Hutabarat itu.

Saat berbicara di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BBPadi) Subang, Jawa Barat, Selasa 12 Juli 2022, Jokowi menyatakan proses hukum harus ditegakkan.

"Proses hukum harus dilakukan," ujar Jokowi.

Perintah tersebut langsung direspon Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan  membentuk tim gabungan khusus untuk menangani kasus yang terjadi pada Jumat 8 Juli 2022 itu. Tim gabungan khusus akan dipimpin oleh Wakil Kepala Kepolisian Negara Repubik Indonesia (Waka Polri) Komjen Gatot Eddy Pramono.

Sedangkan yang menjadi anggota adalah Irwasum Polri, Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Agus Andrianto, Kabaintelkam Polri Komjen Ahmad Dofiri, serta Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM) Irjen Wahyu Widada.

“Karena memang beberapa unsur tersebut harus kita libatkan termasuk juga dari fungsi dari Provos dan Paminal (pengamanan internal),” ujar Listyo saat memberikan keterangan Selasa 12 Juli 2022.

Kapolri menambahkan tim khusus juga akan melibatkan unsur eksternal Polri, yakni Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Hal ini agar tim bisa bekerja secara profesional dan transparan.

Nantinya tim gabungan akan memberikan rekomendasi guna melengkapi proses penyelidikan dan penyidikan. Listyo mengharapkan kasus yang menjadi sorotan publik itu bisa terungkap dengan terang.

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X