• Jumat, 9 Desember 2022

Kedapatan Bawa Air Zamzam, Koper Jamaah Haji Indonesia Dibongkar Petugas Bandara Arab Saudi

- Kamis, 14 Juli 2022 | 13:00 WIB
Puluhan koper jamaah haji Indonesia dibongkar petugas karena membawa air zamzam  (kemenag.go.id)
Puluhan koper jamaah haji Indonesia dibongkar petugas karena membawa air zamzam (kemenag.go.id)

Watyutink.com - Petugas Air Gate, Mekkah, Arab Saudi terpaksa membongkar puluhan koper milik jamaah haji Indonesia. Pasalnya para jamaah kedapatan membawa air zamzam dan dimasukkan dalam koper-koper tersebut.

Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan (Yanpul), Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Bandara Edayati Dasril mengatakan terdapat 50 koper yang dibongkar dari 393 koper yang diperiksa. Semuanya adalah milik jamaah haji Kolter Padang 1.

"Dari hasil pemeriksaan x-ray terhadap 393 koper jamaah Kloter Padang 1, ada 50 koper kedapatan berisi air zamzam," kata Edayati di gudang Air Gate, Makkah, Rabu 13 Juli 2022.

Air Gate adalah perusahaan kargo yang ditunjuk Garuda Indonesia untuk memeriksa dan mengirimkan barang bawaan para jamaah haji Indonesia.

Direncanakan koper-koper tersebut akaj dikirim ke bersamaan dengan kepulangan jamaah haji Kolter Padang 1 pada Jumat 15 Juli 2022. Edayati menuturkan air zamzam yang ditemukan dikemas dalam berbagai botol, mulai dari ukuran kecil hingga 2 liter.

Edayati menambahkan PPIH terus melakukan sosialisasi terkait larangan membawa air zamzam dalam penerbangan. Sosialisasi bahkan sudah dilakukan sejak jamaah masih berada di Indonesia. Diharapkan nantinya tidak lagi ditemukan jamaah haji yang membawa air zamzam.

Edayati menjelaskan larangan membawa air zamzam sesuai dengan aturan keamanan dan keselamatan penerbangan Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi General Authority of Civil Aviation (GACA). Dalam aturan disebutkan penumpang pesawat tidak diperkenankan membawa benda cair, termasuk air zamzam dalam bagasi tercatat atau checked baggage.

"Penerbangan kita itu cukup lama, kalau ke Jakarta saja butuh waktu kurang lebih 9 jam, ke Solo sekitar 10 jam, ke Makassar sampai 12 jam. Jadi ini berpotensi pecah dan merembes yang bisa membahayakan penerbangan. Kami tetap mengacu kepada aturan keselamatan dan keamanan penerbangan," ujar Edayati.

Kalau pun ada yang lolos pemeriksaan X-Ray, koper berisi air zamzam akan melewati pemeriksaan di General Investigation Directorate (GID). Nantinya koper yang ditemukan GID akan dikembalikan ke Air Gate untuk dibongkar.

Edayati menerangkan hal tersebut bisa menyebabkan menjadi tertunda. Sesuai aturan, 12 jam sebelum terbang seluruh bagasi jamaah sudah dimuat dalam pesawat.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

RKUHP Disahkan, Pengamat: Indonesia Makin Mirip China

Kamis, 8 Desember 2022 | 14:30 WIB
X