• Selasa, 9 Agustus 2022

Polisi Peringatkan Pengguna Sepeda Listrik di Jalan Raya Bisa Masuk Penjara 1 Tahun

- Jumat, 15 Juli 2022 | 13:00 WIB
Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda
Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda

Watyutink.com - Masyarakat pengguna sepeda listrik, khususnya yang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) tampaknya harus menghentikan kebiasaannya. Pasalnya Polrestabes Makassar secara tegas melarang penggunaan sepeda listrik di jalan raya. Tak tanggung-tanggung polisi bahkan mengancam bakal memberikan sanksi penjara selama 1 tahun.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda dalam keterangannya, Rabu 13 Juli 2022 menjelaskan larangan tersebut sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Dalam pasal 48 hingga 56 dijelaskan tentang jenis kendaraan bermotor yang boleh dipakai di jalan raya.

"Dalam pasal 48 sampai pasal 56, dimana sudah diatur kendaraan yang menggunakan motor yang harus memiliki persyaratan teknis dan layak jalan dengan serangkaian uji tipe yang dilakukan pemerintah," kata Zulanda.

Jika dinyatakan lulus dan layak jalan, kendaraan akan mendapat registrasi dan tercatat di Samsat. "Apabila lulus akan diterbitkan surat lulus uji tipe, setelah itu baru diregistrasi di Samsat," imbuh Zulanda.

Undangan-Undang Nomor 22 Tahun 2009 menurut Zulanda juga mengatur sanksi bagi pelanggaran terhadap aturan tersebut. Pengendara kendaraan yang tidak sesuai bisa terkena sanksi denda Rp24 juta atau hukuman penjara 1 tahun.

"Ancaman pidana ada pada pasal 277, karena merakit dan memodifikasi kendaraan yang menggunakan motor yang tidak memenuhi uji tipe dengan hukuman pidana penjara 1 tahun atau denda Rp 24 juta," ujar Zulanda.

Sedangkan penjual sepeda listrik menurut Zulanda juga bisa dikenakan pidana sesuai pasal 55 dan atau pasal 56 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Meski demikian Zulanda menambahkan saat ini pihak Polrestabes Makassar hanya sebatas memberikan imbauan. Masyarakat diminta untuk tidak lagi menggunakan sepeda listrik bertenaga baterai di jalan raya. Namun jika imbauan tidak diindahkan Zulanda menegaskan pihaknya bakal bertindak tegas.

"Apabila dalam imbauan dan sosialisasi ini tidak diindahkan, maka akan dilakukan tindakan tegas terhadap pelanggar dan pelaku pidana tersebut," kata Zulanda.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X