• Senin, 15 Agustus 2022

Polri Siap Buka Data untuk Komnas HAM Ungkap Kasus Penembakan di Rumah Irjen Ferdy Sambo

- Jumat, 15 Juli 2022 | 14:30 WIB
Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto
Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto

Watyutink.com - Polri berjanji akan bersikap transparan dalam mengusut peristiwa tembak menembak di rumah Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Polri bahkan siap membuka dan memberikan akses data bagi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang turut mengusut kasus yang menyebabkan Brigadir J atau Nofryansah Yosua Hutabarat meninggal dunia.

Hal itu disampaikan Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto saat memberikan keterangan Mabes Polri Jakarta, Rabu 13 Juli 2022. Agung mengatakan Polri akan bekerjasama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak, salah satunya adalah Komnas HAM. Koordinasi menurut Agung akan berlangsung secata rutin.

"Nanti kita koordinasinya tak berhenti sekarang, tapi rutin. dan Komnas HAM mengatakan 'Pak Agung kita mau masuk ke sini', saya buka juga. Itulah kita terbuka seperti itu. Termasuk juga rekan-rekan media demikian kalau ada informasi," ujar Agung.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah membentuk Tim Khusus guna mengungkap kasus tersebut. Tim tersebut dipimpin Wakapolri Komjen Gatot Eddy. Sedangkan yang menjadi anggota adalah Irwasum Polri, Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Agus Andrianto, Kabaintelkam Polri Komjen Ahmad Dofiri, serta Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM) Irjen Wahyu Widada.

Kapolri menambahkan tim khusus juga akan melibatkan unsur eksternal Polri, yakni Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Hal ini agar tim bisa bekerja secara profesional dan transparan.

Agung menegaskan Tim akan bekerja secara transparan dan terbuka sesuai arahan Kapolri. Itulah sebabnya koordinasi juga akan dilakukan dengan Komnas HAM dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

"Termasuk juga dengan Kompolnas demikian, jadi Timsus ini bekerja maksimal, tapi tak tertutup. Misalnya akses pengen ketemu, mau masuk monggo silahkan, kita on the track dan secepatnya kita akan melakukan pengungkapan ini," ujarnya.

Agung menerangkan nantinya tim akan melakukan berbagai upaya guna mengungkap kasus yang menjadi sorotan publik itu. Tim akan melakukan pendalaman dan olah tempat kejadian perkara (TKP). Tim juga akan melakukan pendalaman saksi dan hasil otopsi.

"Dan penambahan pemeriksaan saksi-saksi yg dimungkinkan. Kita menekankan pada scientific crime investigation. Pada kesempatan ini dengan kehadiran Kompolnas dan Komnas HAM kita terbuka. Supaya bisa dipertanggungjawabkan," katanya.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X