• Selasa, 9 Agustus 2022

Mulai Hari Ini Masuk Mal dan Bepergian Wajib Vaksin Booster

- Minggu, 17 Juli 2022 | 10:30 WIB
Mulai 17 Juli 2022 vaksin booster jadi syarat masuk mal dan bepergian  (Pixabay )
Mulai 17 Juli 2022 vaksin booster jadi syarat masuk mal dan bepergian (Pixabay )

Watyutink.com - Pemerintah kembali menerapkan aturan wajib vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. Sesuai Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 21 Tahun 2022 tentang Ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri, terhitung sejak Minggu 17 Juli 2022 masyarakat yang akan bepergian ke luar kota harus sudah melakukan vaksinasi ketiga atau booster.

Dalam SE tersebut disebutkan aturan wajib vaksin booster berlaku untuk semua moda transportasi baik darat, laut maupun udara Dijelaskan pula bahwa pelaku perjalanan yang sudah vaksin booster tidak perlu tes antigen atau real time polymerase chain reaction (RT-PCR).

Bagi calon penumpang yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua, wajib menunjukkan hasil negatif antigen yang berlaku 1x24 jam atau RT-PCR yang berlaku 3x24 jam. Pelaku perjalanan dapat melakukan booster di tempat saat keberangkatan.

Sedangkan bagi calon penumpang yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang berlaku 3x24 jam. SE juga menyebutkan pelaku perjalanan berusia 6-17 tahun, hanya wajib menunjukkan sertifikat vaksin dosis kedua tanpa menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau antigen.

Sebelumnya pada Senin 11 Juli 2022
Menteri Dalam Negeri Mendagri Tito Karnavian telah menanda tangani Surat Edaran (SE) Nomor 440/3917/SJ tentang Percepatan Vaksinasi Dosis Lanjutan (Booster) bagi Masyarakat. Melalui SE tersebut Tito menginstruksikan seluruh pemimpin daerah agar mewajibkan vaksin booster sebagai syarat masyarakat menggunakan fasilitas atau area publik.

Termasuk dalam katagori area publik dalam SE tersebut adalah kendaraan umum, pertemuan berskala besar, pusat perbelanjaan atau mal, hotel dan sebagainya.

"Kepada bupati atau wali kota mewajibkan vaksin booster sebagai persyaratan untuk memasuki fasilitas publik atau fasilitas umum antara lain perkantoran, pabrik, taman umum, tempat wisata, lokasi seni, budaya, restoran atau rumah makan, kafe, pusat perbelanjaan, mal atau pusat perdagangan dan area publik lainnya," ujar Tito dalam SE Nomor 440/3917/SJ.

Namun SE mengatur bahwa kewajiban vaksinasi booster tidak berlaku bagi anak di bawah 18 tahun dan masyarakat dengan kondisi kesehatan khusus.

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X