• Senin, 15 Agustus 2022

Dikunjungi Mendag Zulhas, Harga Cabai di Cirebon Turun jadi Rp40 Ribu per Kg

- Minggu, 17 Juli 2022 | 11:55 WIB
Mendag Zulkifli Hasan saat berkunjung ke Pasar Jagasatru, Kota Cirebon Minggu 17 Juli 2022
Mendag Zulkifli Hasan saat berkunjung ke Pasar Jagasatru, Kota Cirebon Minggu 17 Juli 2022

Watyutink.com - Harga beberapa kebutuhan pokok di Kota Cirebon, Jawa Barat mulai turun. Hal itu terlihat saat Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melakukan kunjungan ke Pasar Jagasatru, Kota Cirebon, Minggu 17 Juli 2022. Dalam kunjungan tersebut pria yang biasa disapa Zulhas ini juga melakukan pemantauan ketersediaan bahan pangan.

Saat melakukan inspeksi mendadak atau sidak, Zulhas berdialog langsung dengan para pedagang di Pasar Jagasatru. Zulhas menanyakan apakah harga kebutuhan pokok seperti minyak goreng, cabai, bawanh, daging,  dan sebagainya mengalami penurunan atau justru naik

"Harga cabai berapa, minyak berapa, naik apa turun kelihatan, jadi apa adanya," kata Zulhas saat berdialog dengan pedagang d Pasar Jagasatru, Kota Cirebon.

Namun setelah berdialog Zulhas enggan menyimpulkan apakah harga berbagai kebutuhan pokok turun atai naik. Ketua Umum PAN ini juga tidak menyimpulkan hasil kunjungan kerjanya. Zulhas justru mengajak semua yang hadir, termasuk awak media menyimpulkan sendiri kondisi di lapangan.

"Jangan dari saya, yang ada di lapangan ditulis, ikut tadi kan, itu yang ditulis," ujar Zulhas.

Dalam kunjungan tersebut Mantan Menteri Kehutanan ini mendapati beberapa bahan pokok mengalami penurunan harga. Cabai merah turun dari Rp100 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram (kg). Bawang merah yang semula Rp60 ribu jadi Rp42 ribu per kg.

Sedangkan harga minyak goreng curah rata-rata pedagang sudah menjual sesuai harha eceran tertinggi (HET), yakni Rp14 ribu per liter. Bahkan Zulhas menemukan ada pedagang yang menjual Rp13 ribu per liter.

Selepas dari Pasar Jagasatru, Zulhas melanjutkan kunjungan ke Desa Tersana, Kecamatan Balagedog, Kabupaten Cirebon guna berdialog dengan petani bawang. Zulhas juga berkunjung ke Desa Pasawahan, Kecamatan Susukan Lebak, Kabupaten Cirebon dan melakukan kegiatan serupa.

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X