• Selasa, 9 Agustus 2022

IMF Bakal Kembali Menurunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global

- Minggu, 17 Juli 2022 | 21:31 WIB
Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva (dw.com)
Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva (dw.com)

Watyutink.com – Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva menegaskan akan kembali menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global, menyusul masih berkecamuknya perang Rusia – Ukraina, terganggunya rantai pasok dunia, dan meningkatnya suku bunga acuan bank sentral di sejumlah negara.

"Kami telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global dua kali dan kami akan menurunkan sekali lagi dalam dua minggu," ujar Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva Georgieva dalam konferensi pers di Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (17/7/2022). Dalam kunjungan tersebut, Georgieva didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Menurut Georgieva, beberapa sentimen ekonomi global yang memaksa IMF kembali menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global. Dia menyebutkan, salah satunya pengetatan kebijakan oleh sejumlah negara akibat Covid-19 sehingga menimbulkan perubahan pada rantai pasok dunia.

Di China, misalnya, pengetatan penanganan COVID-19 saat ini membuat inflasi global bisa semakin meningkat. Rencana pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi global ini juga didorong oleh perang Rusia-Ukraina yang masih memanas. Konflik dua negara bertetangga ini telah menimbulkan krisis energi dan pangan dunia.

Ditambah lagi, kebijakan mengendalikan inflasi berimbas pada kenaikan tingkat suku bunga acuan bank sentral negara-negara di dunia. "Dan lebih banyak negara dengan tingkat utang yang tinggi terutama dalam denominasi dolar," ujarnya.

Editor: Sarwani

Tags

Terkini

X