• Senin, 15 Agustus 2022

Kedepankan Transparansi, Kapolri Bakal Copot Karo Paminal dan Kapolres Jakarta Selatan

- Rabu, 20 Juli 2022 | 12:00 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo  (Twitter @DivHumas_Polri)
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (Twitter @DivHumas_Polri)

Watyutink.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk menonaktifkan Brigjen Hendra Kurniawan dari jabatan Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) Polri. Selain itu Kombes Budhi Herdi Susianto juga dipertimbangkan dicopot dari jabatan Kepolres Metro Jakarta Selatan.

Pencopotan keduanya dilakukan demi menjaga transparansi Polri dalam mengungkap peristiwa baku tembak di rumah Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan. Dalam peristiwa yang terjadi pada Jumat 8 Juli 2022 itu seorang anggota Polri bernama Brigadir Joshua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J meninggal dunia.

Kabar tersebut disampaikan Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo saat memberikan pernyataan pers, Selasa 19 Juli 2022. Dedi menyatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkomitmen untuk transparan dalam menangani kasus kematian Brigadir J. Itulah sebabnya Polri akan terbuka dan menerima masukan dari masyarakat.

Dedi menegaskan semua masukan akan dijadikan bahan pertimbangan. Termasuk permintaan dari pihak keluarga Brigadir J.

“Pak Kapolri mengingatkan ini selalu terbuka apa yang menjadi aspirasi semua pihak nantinya akan ada pertimbangan,” kata Dedi di Mabes Polri pada Selasa malam.

Rencana pencopotan Brigjen Hendra Kurniawan dan Kombes Budhi Herdi Susianto sejalan dengan permintaan yang disampaikan keluarga Brigadir J. Melalui kuasa hukumnya, Kamaruddin Simanjuntak, keluarga Brigadir J berharap Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto dinonaktifkan.

Permintaan itu lantaran Kombes Budhi telah melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan prosedur terkait peristiwa tembak menembak di rumah Irjen Ferdy Sambo yang berujung tewasnya Brigadir J. Saat dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) menurut Kamarudin, Kombes Budhi tidak melibatkan tim Inafis.

Rumah Irjen Ferdy Sambo yang menjadi lokasi kejadian juga tidak dipasangi garis polisi atau police line. Kamarudin juga menyoroti sampai saat ini belum ada pihak yang dijadikan tersangka dalam kasus tersebut.

"Sampai sekarang belum ada tersangkanya, olah TKP tidak melibatkan inafis dan tidak memasang police line (di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, red)," ujar Kamaruddin saat memberikan keterangan Selasa 19 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X