• Senin, 15 Agustus 2022

Kemenkes Umumkan 18 Jamaah Haji Indonesia Positif Covid-19 Sepulang dari Arab Saudi

- Kamis, 21 Juli 2022 | 14:00 WIB
Jamaah haji Indonesia bersujud saat tiba kembali di tanah air  (kemenag.go.id)
Jamaah haji Indonesia bersujud saat tiba kembali di tanah air (kemenag.go.id)

Watyutink.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan jumlah jamaah haji Indonesia yang terpapar virus corona atau Covid-19 pada Rabu 20 Juli 2022 sebanyak 18 orang. Jumlah tersebut bertambah 4 orang dibandingkan hari sebelumnya. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Budi Sylvana.

Saat memberikan keterangan Rabu 20 Juli 2022, Budi menyebut sebelumnya sebanyak 14 jamaah haji Indonesia yang baru pulang dari Arab Saudi positif terinfeksi Covid-19. Penambahan 4 jamaah menjadi total 18 jamaah haji Indonesia terpapar penyakit yang berawal dari Wuhan, China itu.

"Per hari ini (20/7), tambah empat lagi jemah haji Indonesia yang positif Covid-19. Jadi, total ada 18 jemaah haji terkonfirmasi positif," ujarnya.

Budi menjelaskan dari 18 jamaah tersebut, 17 orang berasal dari embarkasi Surabaya. Sedangkan 1 orang berasal dari embarkasi Solo. Saat ini semua jamaah yang terpapar Covid-19 tengah menjalani isolasi mandiri atau isoman lantaran hanya mengalami gejala ringan.

Sebelumnya Kemenkes telah meminta semua jamaah haji Indonesia yang baru tiba dari tanah suci melakukan pemeriksaan kesehatan. Sesame di debarkasi atau lokasi tujuan, jamaah harus menjalani screening guna mengetahui apakah ada paparan Covid-19 atau tidak.

Semula direncanakan proses screening tidak dilakukan terhadap seluruh jamaah. Screening akan dilakukan secara acak terhadap 10 persen dari jumlah jamaah di setiap kolter.

Namun berdasarkan Surat Pemberitahuan Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Nomor SR.03.4/C/3519/2022 tentang Perubahan Ketentuan Bagi Pengawasan yang berlaku sejak 15 Juli 2022, proses screening berubah dan dilakukan terhadap seluruh jamaah haji yang baru tiba di tanah air.

Jamaah akan menjalani tes antigen satu per satu. Jika nantinya dinyatakan reaktif, jamaah akan langsung menjalani tes Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Sedangkan jamaah yang negatif bisa langsung pulang ke rumah masing-masing. Namun kondisi kesehatan mereka akan tetap dipantau selama 21 hari.

Budi menambahkan saat ini sudah lebih dari 15 ribu lebih jemaah haji Indonesia tiba di tanah air. Sebanyak 85 ribu masih di Arab Saudi guna menanti jadwal pulang ke Indonesia.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X