• Selasa, 9 Agustus 2022

Penggunaan QRIS Makin Meningkat, BI: Era Kartu Debit Segera Berakhir

- Jumat, 22 Juli 2022 | 09:00 WIB
Penggunaan QRIS diyakini bakal menggeser Kartu Debit  (qris.id)
Penggunaan QRIS diyakini bakal menggeser Kartu Debit (qris.id)

Watyutink.com - Bank Indonesia memperkirakan era penggunaan kartu debit bakal segera berakhir. Hal ini akibat semakin gencarnya penggunaan teknologi digital dalam transaksi perbankan. Salah satunya penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti menuturkan digitalisasi ekonomi adalah sesuatu yang tak terhindarkan. Pasalnya digitalisasi telah membuka peluang baru serta meminimalkan hambatan dan biaya transaksi. Kondisi ini merupakan masa depan ekonomi dan ekosistem Indonesia.

"Dan satu hal yang juga ingin saya tekankan, yang terjadi saat ini adalah adanya kebutuhan yang sangat kuat untuk membuat pembayaran lintas negara menjadi lebih efisien," ujar Destry dalam diskusi bertajuk Advancing Digital Economy And Finance: Government And Industry Strategy On Digitalization, Jumat 15 Juli 2022.

Guna mendukung hal itu menurut Destry dibutuhkan trobosan baik regulasi maupun teknologi dalam mengedukasi masyarakat. Selain itu juga kerja sama antara institusi dan asosiasi.

Sementara itu Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan perkembangan transaksi ekonomi dan keuangan digital saat ini telah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini sejalan dengan penerimaan dan preferensi masyarakat Indonesia yang juga mengalami peningkatan.

"[Terutama] dalam berbelanja daring, perluasan dan kemudahan sistem pembayaran digital serta akselerasi digital banking," kata Perry saat menyampaikan konferensi pers beberapa waktu lalu.

Perry menjelaskan kondiai pandemi yang terjadi mempercepat laju penggunaan teknologi digital dalam dunia perbankan. Berbagai jenis kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara offline kini mulai menggunakan cara online.

Salah satunya terasa pada transaksi di anjunga tunai mandiri atau ATM. Perry menuturkan saat ini ATM mulai jarang digunakan. Kondisi ini menimbulkan keyakinan era penggunaan ATM akan segera berakhir.

Kini banyak aktivitas perbankan offline yang kini bisa dilakukan secara online, sehingga membuat transaksi di ATM makin jarang digunakan. Hal tersebut membuat "kiamat" ATM makin nyata.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X