• Senin, 15 Agustus 2022

Panglima TNI Tegaskan Siap Bantu Ungkap Kasus Penembakan Brigadir J, Pengamat: Biar Terang Benderang

- Minggu, 24 Juli 2022 | 10:30 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa  (Instagram @jenderal_andika)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Instagram @jenderal_andika)

Watyutink.com - Upaya mengunkap kasus penembakan Brigadir Joshua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J tampaknya bakal melibatkan pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal itu disampaikan langsung oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang menyebut pihaknya siap membantu Polri melakukan autopsi ulang jenazah Brigadir J.

"Jadi saya, TNI, siap membantu," kata Andika.

Saat memberikan keterangan di Markas Komando (Mako) Komando Lintas Laut Militer Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat 22 Juli 2022, Andika menyatakan TNI memiliki tiga rumah sakit kelas A dan berbagai rumah sakit dengan kelas di bawahnya di sejumlah daerah.

Selain rumah sakit, TNI juga menyiapkan tim dokter senior dan peralatan medis terbaik yang dibutuhkan. Itulah sebabnya Andika menegaskan TNI siap membantu ekshumasi jenazah Brigadir J.

"Kami pasti hadirkan dokter-dokter maupun semua perangkat medis yang diperlukan, yang terbaik, karena ini adalah misi kemanusiaan," kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini.

Namun demikian, Andika menambahkan pihaknya masih menunggu permintaan resmi dari pihak Polri. Pasalnya hingga kini TNI belum menerima secara resmi permintaan ekshumas jenazah Brigadir J, baik dari pihak keluarga maupun Polri.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispen AL) Laksamana Pertama Julius Widjojono mengatakan pihaknya menyiapkan Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr Mintoharjo guna melakukan autopsi. Julius menuturkan selain bertugas di bidang kesehatan matra laut, dokter-dokter forensik RSAL juga bisa bertugas di luar TNI AL.

Namun Julius menegaskan dokter TNI AL baru akan menjalankan tugas setelah ada perintah dari Panglima TNI.

“Kami akan memberikan bantuan secara profesional dan proporsional,” tutur Julius.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X