• Senin, 15 Agustus 2022

Tak Lagi Ditangani PT AP II, Bandara Halim Perdanakusuma Bakal Dikelola Grup Lion Air

- Minggu, 24 Juli 2022 | 15:00 WIB
Pengelolaan Bandara Halim Perdanakusuma pindah dari PT Angkasa Pura II ke Grup Lion Air
Pengelolaan Bandara Halim Perdanakusuma pindah dari PT Angkasa Pura II ke Grup Lion Air

Watyutink. - Pengalolaan Bandara Halim Perdanakusuma dikabarkan bakal segera berubah. Semua bandara yang berlokasi di Jakarta Timur itu dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yakni PT Angkasa Pura (AP) II. Namun dalam waktu dekat Bandara Halim Perdanakusuma akan dikelola PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS), salah satu anak perusahaan Lion Air Group.

Keputusan tersebut setelah pada Rabu 20 Juli 2022, tercapai kesepakatan antara TNI Angkatan Udara (AU), PT AP II dan PT ATS.
Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan tertulisnya, Kamis 21 Juli 2022 mengatakan ketiga pihak sepakat melakukan serah terima pengelolaan lahan 21 hektare di Bandara Halim Perdanakusuma.

"Naskah berita acara serah terima akan dilaksanakan pada Kamis 21  Juli 2022 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta," kata Indan.

Dalam keterangannya, Indan menerangkan langkah tersebut sebagai tindak lanjut Putusan Peninjauan Kembali MA Nomor 527 / PK/Pdt/2015 yang telah berkekuatan hukum tetap. Dalam putusan tersebut dinyatakan TNI AU berkewajiban menyerahkan lahan seluas 21 hektare atau apa saja yang berdiri di atasnya kepada PT ATS.

Sedangkan AP II wajib  menyerahkan penguasaan dan pengelolaan lahan 21 hektare atau apa saja yang berdiri di atasnya, seperti apron, terminal penumpang dan area parkir kepada PT ATS. Selanjutnya menurut Indan pengelola lama, yakni PT AP II harus keluar dari Bandara Halim Perdanakusuma.

"Putusan MA yang selama ini tidak dilaksanakan dapat berdampak pada tidak terpenuhinya kewajiban membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berpotensi menimbulkan kerugian negara," ujar Indan.

Mantan Komandan Skadron Pendidikan 104, Lanud Adisutjipto Yogyakarta ini menjamin pergantian kepengalolaan tidak akan mengganggu operasional Bandara Halim Perdanakusuma. Terlebih kesepakatan tersebut telah melalui serangkaian rapat pihak-pihak terkait.

Selain itu sejak Januari 2022 hingga saat ini Bandara Halim Perdanakusuma sedang menjalani program revitalisasi sehingga tidak ada aktivitas penerbangan. Dijadwalkan Bandara Halim Perdanakusuma akan kembali beroperasi pada September 2022.

Dalam kesempatan terpisah,Vice President (VP) Corporate Communication PT AP II Akbar Putra Mardhika mengatakan pihaknya siap menyerahkan pengelolaan Bandara Halim Perdanakusuma, sesuai dengan putusan Mahkamah Agung.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X