• Senin, 15 Agustus 2022

Tegaskan Belum Ada Tersangka Kasus Penembakan Brigadir J, Polisi Minta Pengacara Tak Berspekulasi

- Senin, 25 Juli 2022 | 10:30 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo  (Twitter @DivHumas_Polri)
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (Twitter @DivHumas_Polri)

Watyutink.com - Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menegaskan sampai saat ini belum ada tersangka dalam kasus penembakan Brigadir Joshua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J. Terkait Bharada E, Dedi menyebut statusnya masih sebagai saksi. Terhadap Bharada E saat ini dilakukan tindakan pengamanan dan bukan penangkapan.

"Statusnya (Bharada E) masih sebagai saksi, masih diperiksa untuk dimintai keterangan," ujar Dedi.

Saat memberikan keterangan Minggu 24 Juli 2022, Dedi meminta semua pihak tidak berspekulasi soal penanganan kasus baku tembak di rumah Irjen Ferdy Sambo. Dedi juga meminta pihak-pihak tertentu tidak memberikan informasi yang justru memperkeruh suasana yang bisa menghambat upaya penegakan hukum dalam kasus tersebut.

Salah satu pihak yang disinggung Dedi adalah pengacara keluarga Brigadir J. Mantan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) ini meminta pengacara tidak menyampaikan informasi di luar hukum acaranya, seperti soal luka-luka di tubuh Brigadir J. Dedi menyebut hal itu bukan keahlian pengacara.

"Seperti pengacara menyampaikan sesuai dengan hukum acaranya, jangan berspekulasi tentang luka, tentang benda ini, benda itu, itu nanti 'expert' (ahli) yang menjelaskan," kata Dedi.

Mantan Kapolres Lumajang, Jawa Timur ini juga berharap media turut membantu penyidik menjalankan tugasnya. Salah satunya dengan tidak membuat berita spekulasi yang justru memperkeruh situasi. Sebaliknya media diharapkan membuat berita yang meluruskan informasi yang berkembang terkait upaya pengungkapan kasus tersebut.

"Kalau teman media mengutip dari sumber yang bukan 'expert' (ahli) justru permasalahan akan lebih keruh. Masalah ini sebenarnya akan segera diungkap timsus," ujarnya.

Dedi menambahkan sampai saat ini penyidik masih melakukan tugasnya seperti yang diperintahkan Mabes Polri. Informasi terakhir, Tim Khusus (Timsus) yang dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah melakukan rekonstruksi insiden tembak menembak di rumah Irjen Ferdy Sambo yang menyebabkan Brigadir J tewas tertembak.

Timsus juga sedang memeriksa decoder kamera pengawas atau CCTV yang sudah ditemukan. Meskipun sebelumnya dikabarkan CCTV di kediaman Ferdy Sambo rusak.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X