• Senin, 15 Agustus 2022

Bendum PBNU Resmi jadi Buronan KPK, Polri Siap Bantu Tangkap Mardani Maming

- Rabu, 27 Juli 2022 | 09:00 WIB
Bendahara Umum PBNU sekaligus politisi PDIP Mardani H Maming  (Instagram @mardani_maming)
Bendahara Umum PBNU sekaligus politisi PDIP Mardani H Maming (Instagram @mardani_maming)

Watyutink.com - Bendahara Umum (Bendum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Mardani H Maming resmi berstatus buronan. Hal ini setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memasukan namanya dalam daftar pencarian orang (DPO).

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan pihaknya menjadikan Mardani sebagai buronan karena bersikap tidak kooperatif. Mardani telah 2 kali mangkir dari panggilan KPK, yakni pada Kamis 14 Juli 2022 dan Kamis 21 Juli 2022.

Saat memberikan keterangan, Selasa 26 Juli 2022, Ali mengatakan KPK telah mengirim surat ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Isinya meminta bantuan guna menangkap Mardani.

"KPK juga berkirim surat ke Bareskrim Polri untuk meminta bantuan penangkapan terhadap tersangka dimaksud," katanya.

Ali menuturkan pihaknya juga bakal menyebarkan foto dan ciri-ciri fisik Mardani Maming. Sehingga masyarakat bisa mengetahui ciri-cirinya dan bisa melaporkan keberadaan Ketua DPD PDIP Kalimantan Selatan (Kalsel) itu.

Sambil menunjukkan foto dan surat DPO, Ali menerangkan Mardani mempunyai tingga badan 168 sentimeter. Berat badan kurang lebih 75 kilogram, rambut hitam, dan warna kulit sawo matang.

Ali menambahkan, KPK juga meminta masyarakat yang mengetahui keberadaan Mardani segera melapor ke pihak kepolisian terdekat. Bisa juga dengan langsung mengonfirmasikan ke KPK.

"Di samping itu jika masyarakat memiliki informasi, silakan dapat menghubungi langsung KPK melalui call center 198 atau Kantor Kepolisian terdekat agar dapat segera ditindaklanjuti," pungkas Ali.

Sementara itu pihak Polri Bareskrim Polri menyatakan siap membantu KPK menangkap Mardani. Kesiapan itu disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X