• Selasa, 9 Agustus 2022

Polisi Tutup Citayam Fashion Week di Dukuh Atas, Pemprov DKI Siapkan Monas atau Sarinah jadi Lokasi Pengganti

- Kamis, 28 Juli 2022 | 10:30 WIB
Kegiatan Citayam Fashion Week dinilai menjadi penyebab kemacetan (Instagram @citayam_fashion_week)
Kegiatan Citayam Fashion Week dinilai menjadi penyebab kemacetan (Instagram @citayam_fashion_week)

Watyutink.com - Pihak kepolisian akhirnya menutup sementara kegiatan Citayam Fashion Week (CFW) yang digelar di kawasan sekitar stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Pasalnya kegiatan yang menampilkan sejumlah anak muda berlenggak-lenggok di atas zebra cross itu telah mengganggu ketertiban dan memicu kemacetan yang cukup panjang.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan kemacetan lalu lintas akibat CFW hingga kawasan Semanggi dan Senayan. Diperkirakan panjangnya mencapai 4 kilometer. Kegiatan CFW menurut Komarudin menyebabkan arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman yang menuju Dukuh Atas mengalami penyempitan akibat adanya CFW.

Saat memberikan keterangan Rabu 27 Juli 2022, Komarudin menuturkan setelah CFW ditutup, arus lalu lintas berangsur lancar. Hanya sekitar 30 menit arus kendaraan menjadi normal kembali.

"Begitu kami melakukan penutupan sementara, dalam waktu kurang lebih setengah jam, bisa dinormalkan lagi," ujarnya.

Komarudin menegaskan pihaknya tidak melakukan blokade di Jalan Tanjung Karang. Langkah menutup sementara zebra cross dilakukan hanya untuk menormalisasi kawasan Dukuh Atas yang selama beberapa hari terakhir macet akibat kegiatan CFW. Kemacetan panjang terjadi di lokasi tersebut sejak Jumat 22 Juli 2022.

Komarudin menerangkan selain lantaran anak-anak muda yang berlenggak-lenggok di zebra cross, kerumunan juga terjadi akibat fotografer dan pembuat konten yang tumpah ruah ke jalan. Akibatnya masyarakat yang akan menggunakan trotoar dan zebra cross terganggu. Terlebih banyak yang memarkirkan sepeda motor di trotoar.

Petugas gabungan dari pihak Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan (Dishub) sempat melakukan penertiban parkir liar. Ke depan, Polres Metro Jakarta Pusat akan terus menempatkan petugas guna menjaga kawasan Dukuh Atas, terutama area zebra cross Tanjung Karang.

Sementara itu Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan pihaknya tidak pernah melarang kegiatan Citayam Fashion Week di Dukuh Atas. Riza bahkan menyebut kegiatan tersebut patut diapresiasi sebagai inovasi anak muda Indonesia.

"Citayam Fashion Week' tidak pernah ditutup, tidak juga dilarang. 'Citayam Fashion Week' itu kami apresiasi karena inovasi, kreasi anak-anak kita semua," kata Riza

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X