• Senin, 15 Agustus 2022

Buronan KPK Mardani Maming Menyerahkan Diri

- Kamis, 28 Juli 2022 | 14:00 WIB
Tersangka kasus suap IUP Tanah Bumbu Kalsel, Mardani H Maming
Tersangka kasus suap IUP Tanah Bumbu Kalsel, Mardani H Maming

Watyutink.com - Buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan suap Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, Mardani H Maming dikabarkan telah menyerahkan diri. Hal ini sekaligus menepis kabar mantan Bupati Tanah Bumbu itu ditangkap oleh aparat keamanan.

Kuasa hukum Mardani, Denny Indrayana dalam keterangannya Kamis 28 Juli 2022 mengatakan kliennya baru mendarat di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Batam setelah melakukan perjalanan dari Batam. Selanjutnya Ketua DPD PDIP Kalimantan Selatan itu langsung menuju Gedung KPK di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Nggak, tidak benar (ditangkap)," kata Denny.

Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) ini menyatakan Mardani menyerahkan diri lantaran gugatan praperadilan yang diajukannya telah ditolak Pengadilan Negeri PN Jakarta Selatan. Sesuai yang dijanjikan, menurut Denny, Mardani akan mendatangi KPK pada Kamis 28 Juli 2022 jika gugatannya ditolak.

"Sesuai janji di surat yang telah kami kirimkan ke KPK pada hari Senin yang lalu, dapat kami sampaikan bahwa klien kami, Mardani H Maming akan datang ke KPK pada Kamis, 28 Juli 2022," kata Denny.

Sementara itu Mardani mengaku heran dengan penetapan dirinya menjadi buronan KPK. Pasalnya Bendahara Non Aktif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengaku telah berjanji akan datang ke KPK pada Kamis 28 Juli 2022. Itulah sebabnya Mardani heran saat mengetahui namanya masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Saya di sini sesuai janji saya ke KPK tanggal 25 (Juli) bahwa saya akan hadir tanggal 28, dan saya juga bingung suratnya masuk, tapi kenapa hari Selasa saya dinyatakan DPO. Padahal saya sudah mengirim surat dan koordinasi ke tim penyidik akan hadir tanggal 28," ujarnya.

Sebelumnya KPK telah menetapkan Bendahara Umum PBNU Mardani H Maming resmi berstatus buronan. Hal ini setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memasukan namanya dalam daftar pencarian orang (DPO).

Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri mengatakan pihaknya menjadikan Mardani sebagai buronan karena bersikap tidak kooperatif. Mardani telah 2 kali mangkir dari panggilan KPK, yakni pada Kamis 14 Juli 2022 dan Kamis 21 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X