• Sabtu, 20 Agustus 2022

Beri Kesempatan Yahoo Daftar Hingga Jumat 29 Juli 2022 Tengah Malam, Kominfo: Atau Diblokir

- Jumat, 29 Juli 2022 | 15:00 WIB
Yahoo terancam diblokir jika tidak lakukan pendaftaran
Yahoo terancam diblokir jika tidak lakukan pendaftaran

Watyutink.com - Layanan internet dari perusahaan asal Amerika Serikat, Yahoo terancam tidak lagi bisa dinikmati masyarakat Indonesia mulai Sabtu 30 Juli 2022. Pasalnya sampai sekarang Yahoo masih belum melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun memberikan tenggat waktu hingga Jumat 29 Juli 2022 pukul 23.59 WIB. Jika sampai batas waktu tersebut tidak juga mendaftar, Yahoo bakal diblokir.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat 29 Juli 2022 mengatakan hari ini adalah waktu terakhir pendaftaran PSE. Jika melanggar, Semuel menegaskan PSE tersebut akan terkan sanksi pemblokiran.

"Hari ini terakhir. Nanti saya siapa saja kemungkinan yang akan diblokir, pukul 23.59 (WIB). Kalau enggak ada, kita siapkan [sanksi], naik ke mesin kita," kata Semuel.

Batas waktu pendaftaran PSE sebenarnya pada Rabu 20 Juli 2022. Namun Kominfo memberikan perpanjangan hingga 5 hari kerja. Pada Kamis 21 Juli 2022 Kominfo juga mengirimkan surat ke perusahaan PSE yang masih belum mendaftar.

"Kami memberikan waktu lima hari kerja. Kalau mereka tidak mau mendaftar maka mekanisme blokir akan berlaku," imbuh Semuel.

Hingga menjelang batas akhir, beberapa PSE Lingkup Privat yang masih belum mendaftar, antara lain Yahoo dan Bing, game DoTA, Steam, e-commerce Amazon, CS Go, Origin, Epic Game, belum juga mendaftar. Semuel menegaskan Sabtu 30 Juli 2022, PSE tersebut bakal tidak bisa diakses jika masih belum mendaftar.

Semuel menambahkan, jika sudah terlanjur diblokir, Yahoo, Bing, DoTA, dan lainnya masih bisa beroperasi. Tapi harus melalui proses normalisasi. Hal itu sesuai aturan dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 5 Tahun 2020 soal PSE Lingkup Privat.

"Bukannya kiamat, ada proses normalisasi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X