• Senin, 15 Agustus 2022

Kominfo Resmi Blokir 8 PSE, Termasuk Yahoo, Steam dan PayPal

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 10:00 WIB
Kominfo resmi memblokir Yahoo search engine  (Pixabay )
Kominfo resmi memblokir Yahoo search engine (Pixabay )

Watyutink.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutuskan memblokir 8 Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Pasalnya sampai tenggat waktu yang ditentukan 8 PSE tersebut tidak melakukan pendaftaran. Akibatnya terhitung sejak Sabtu 30 Juli 2022, PSE tersebut tidak bisa diakses.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam keterangannya, Sabtu 30 Juli 2022 membenarkan pemblokiran 8 PSE tersebut. Semuel menerangkan 8 PSW yang diblokir adalah mesin pencarian atau search engine Yahoo, Steam, DoTA, Counter-Strike, Epic Games, Origin.com, Xandr.com, dan PayPal

"Iya, ada delapan PSE," ujar Semuel.

Sebelumnya Kominfo telah memberikan peringatan kepada 8 PSE Lingkup Privat, termasuk Yahoo, DoTA dan PayPal agar segera melakukan pendaftaran. Kominfo memberikan tenggat waktu hingga Jumat 29 Juli 2022 pukul 23.59 WIB. Jika sampai batas waktu tersebut tidak juga mendaftar, 8 PSE tersebut bakal diblokir.

Batas waktu pendaftaran PSE sebenarnya pada Rabu 20 Juli 2022. Namun Kominfo memberikan perpanjangan hingga 5 hari kerja. Pada Kamis 21 Juli 2022 Kominfo juga mengirimkan surat ke perusahaan PSE yang masih belum mendaftar.

"Kami memberikan waktu lima hari kerja. Kalau mereka tidak mau mendaftar maka mekanisme blokir akan berlaku," imbuh Semuel.

Alumnus Fresno State University of California, Amerika Serikat ini menuturkan menambahkan Yahoo, DoTA, PayPal dan lainnya masih bisa beroperasi. Tapi harus melalui proses normalisasi. Hal itu sesuai aturan dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 5 Tahun 2020 soal PSE Lingkup Privat.

"Bukannya kiamat, ada proses normalisasi," ujarnya.

Menurut Semuel pendaftaran PSE Lingkup Privat ini telah diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X