• Selasa, 9 Agustus 2022

Yahoo, Steam Hingga PayPal Diblokir, Tagar #BlokirKominfo Jadi Trending Dunia

- Minggu, 31 Juli 2022 | 10:00 WIB
Tagar #Blokir Kominfo jadi trending topic di Twitter dunia  (Instagram @aji.indonesia)
Tagar #Blokir Kominfo jadi trending topic di Twitter dunia (Instagram @aji.indonesia)

Watyutink.com - Keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir 8 Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat mendapat sambutan riuh warganet. Namun bukan dukungan, warganet justru menyuarakan penolakan terhadap keputusan tersebut.

Warganet pun menggaungkan hastag atau tanda pagar (tagar) #Blokirominfo. Hal ini sebagai bentuk protes atas tindakan Kominfo memblokir 8 PSE, termasuk Yahoo, Steam, PayPal dan lainnya.

Hingga Minggu 31 Juli 2022 pukul 13.00 WIB tagar #BlokirKominfo sudah ditwit sebanyak 93,3 ribu kali. Bahkan tagar tersebut sempat menjadi trending topic di Twitter dunia.

Protes terbanyak berasal dari para pecinta game online. Pasalnya Epic Games, Counter Strike dan Steam adalah PSE yang diblokir. Banyak warganet menilai Kominfo telah bertindak konyol dengan memblokir 8 PSE tersebut. Bahkan beberapa mendesak Kominfo dibubarkan atau setidaknya dirombak personelnya.

Ada pula yang menilai tindakan Kominfo Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, dan Origin sama dengan upaya mematikan industri e-sports di tanah air. Sedangkan pemblokiran PayPal membuat para kreator konten Indonesia tidak lagi bisa mendapatkan penghasilan. Pasalnya banyak hasil kerja kreator konten Indonesia yang dibayar oleh pihak luar negeri menggunakan PayPal.

Akun milik @rakata07 bahkan menyebut tindakan Kominfo melakukan pemblokiran adalah pelanggaran hak asasi manusia berskala negara.

Akun @Vertgod420 mengatakan tindakan Kominfo tidak menyelamatkan Indonesia, namun justru mengacaukannya.

"Satu kata dari seluruh freelance dan streamer di seluruh Indonesia buat instansi satu ini. #BlokirKominfo," tulis akun @Pistachiococola.

"Paypal juga diblok ya. Selamat @kemkominfo, Anda udah berhasil mematikan banyak mata pencaharian rakyatnya. Sekarang ayo dong Github sama npm diblok. #blokirkominfo, " tulis @AkunGratisan.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X