• Senin, 15 Agustus 2022

Jokowi Kumpulkan Relawan Bahas 2024, Pengamat: Istana Sudah Jadi Posko Pemenangan

- Minggu, 31 Juli 2022 | 12:00 WIB
Jokowi bersama relawan di Istana Bogor, Jumat 29 Juli 2022
Jokowi bersama relawan di Istana Bogor, Jumat 29 Juli 2022

Watyutink.com - Pengamat polotik Muslim Arbi menilai Istana Presiden di Bogor sudah berubah menjadi posko pemenangan. Komentar tersebut menanggapi tindakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para relawan di Istana Bogor. Kabarnya pertemuan yang digelar pada Jumat 29 Juli 2022 itu salah satunya membahas soal Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Jokowi kumpulkan relawan di Istana Bogor. Istana sudah berubah seperti posko pemenangan," ujar Muslim.

Saat berbicara, Minggu 31 Juli 2022 Direktur Gerakan Perubahan ini menilai tindakan tersebut adalah bentuk penyalahgunaan istana. Pasalnya istana adalah fasilitas negara yang seharusnya digunakan untuk kepentingan dan urusan kenegaraan atau kegiatan presiden yang terkait dengan negara.

"Jika istana digunakan untuk tempat kumpul dengan relawan, Jokowi sudah jadikan istana sebagai fasilitas pribadi, untuk kepentingan politik pribadi," kata Muslim.

Koordinator Indonesia Bersatu ini pun berharap pimpinan atau anggota DPR mengingatkan Jokowi agar tidak seenaknya menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan kelompoknya. Muslim juga khawatir tindakan Jokowi akan ditiru para kepala daerah.

"Tidak bisa fasilitas negara digunakan seperti itu. Jika dibiarkan maka menteri-menteri, Gubernur atau bupati dan walikota jadikan sebagai contoh gunakan kantor kementrian, kantor gubernur, walikota dan bupati sebagai posko kepentingan politiknya masing-masing," imbuh Muslim.

Sebelumnya pada Jumat 29 Juli 2022, Presiden Jokowi telah mengumpulkan sejumlah kelompok relawan pendukungnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Ketua Umum Sekretaris Nasional (Seknas) Jokowi, Rambun Tjajo yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan salah satu pembahasannya adalah penentuan sikap menyambut Pilpres 2024.

"Yang penting juga disampaikan Presiden ke kita adalah menekankan sekali lagi tidak terpancing masuk dalam soal politik berkaitan dengan 2024," kata Rambun kepada CNNIndonesia.com, Jumat (29/7).

Saat memberikan keterangan usai pertemuan, Rambun mengatakan Jokowi ingin para relawan fokus membantu pemerintah, terutama dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi. Jokowi berharap para relawan memberikan solusi guna menjaga perekonomian Indonesia

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X