• Selasa, 9 Agustus 2022

Jokowi Dukung Tiket Masuk Pulau Komodo Naik jadi Rp3,75 Juta, Warga: Ini Membunuh Kami

- Senin, 1 Agustus 2022 | 13:30 WIB
Pemerintah resmi menaikkan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo menjadi Rp3,75 juta per orang  (menlhk.go.id)
Pemerintah resmi menaikkan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo menjadi Rp3,75 juta per orang (menlhk.go.id)

Watyutink.com - Wisatawan tampaknya bakal semakin sulit menyaksikan secara langsung salah satu hewan asli Indonesia, yakni komodo di habitat aslinya. Pasalnya pemerintah secara resmi menaikkan harga tiket masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Nusa Tenggara Timur (NTT). Jika sebelumnya wisatawan dikenakan biaya Rp150 ribu per orang, kini harganya naik drastis menjadi Rp3,75 juta per orang.

Keputusan tersebut berlaku sejak Senin 1 Agustus 2022. Selain itu pemerintah juga membatasi jumlah wisatawan yang masuk ke TNK hanya 200 ribu orang per tahun.

Pemberlakuan harga tiket baru masuk TNK sudah diumumkan sejak sepekan lalu. Dalam keterangannya Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi TNK Carolina Noge mengatakan berdasarkan hitungan dan rekomendasi hasil kajian, biaya konservasi sebagai kompensasi dari setiap adanya kunjungan berkisar antara Rp2.943.730 hingga Rp5.887.459.

"Pembatasan jumlah pengunjung kurang lebih 200 ribu per tahun dengan sistem manajemen kunjungan yang terintegrasi berbasis reservasi online akan mulai diberlakukan pada 1 Agustus 2022," ujar Carolina saat berbicara di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, Senin 27 Juli 2022.

Carolina menyadari keputusan tersebut bakal mendapat penolakan, terutama dari masyarakat dan pelaku dunia usaha pariwisata. Namun Carolina memastikan keputusan tersebut akan tetap diberlakukan. Terlebih Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui kenaikan harga tiket masuk TNK.

Saat memberikan pidato yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis 21 Juli 2022, Jokowi menyebut kenaikan tiket masuk adalah upaya menjaga kelestarian kawasan konservasi. Selain itu menurut Jokowi juga untuk meningkatkan ekonomi pemerintah setempat melalui pariwisata.

"Kita ingin konservasi, tapi kita juga ingin (peningkatan) ekonomi lewat tourism, lewat wisatawan, ini harus seimbang," kata Jokowi.

Disebutkan bahwa kenaikan harga tiket masuk hanya untuk wilayah Pulau Komodo dan Pulau Padar. Sedangkan wilayah lain seperti Pulau Rinca, harga tiket masuknya tidak berubah. Itulah sebabnya menurut Jokowi masyarakat masih bisa melihat secara langsung hewan melata khas Indonesia itu di wilayah selain Pulau Komodo dan Pulau Padar.

"Jadi kalau mau melihat komodo, silakan ke Pulau Rinca, di sini ada komodo. Mengenai bayarnya berapa? Tetap. Tapi kalau mau 'wah pak, saya ingin sekali pak lihat yang di Pulau Komodo,' ya silakan tidak apa-apa juga, tapi ada tarifnya yang berbeda," ujar Jokowi.

Sementara itu sejumlah kalangan menyatakan penolakan terhadap keputusan pemerintah menaikkan harga tiket masuk TNK. Perubahan harga tiket dari Rp150 ribu menjadi Rp3,75 juta dipastikan bakal mengurangi jumlah kunjungan wisata ke Pulau Komodo.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X