• Selasa, 9 Agustus 2022

PPKM Jawa Bali Diperpanjang Sampai 15 Agustus, Luar Jawa Bali 5 September 2022

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 11:30 WIB
Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA (kemendagri.go.id)
Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA (kemendagri.go.id)

Watyutink.com - Pemerintah memutuskan memperpanjang pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia. Di wilayah Jawa dan Bali, PPKM diperpanjang hingga 15 Agustus 2022. Sedangkan di luar Jawa Bali, PPKM diperpanjang sampai 5 September 2022.

Aturan soal PPKM Jawa Bali dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 Tahun 2022 untuk pelaksanaan PPKM di Jawa dan Bali yang berlaku mulai tanggal 2-15 Agustus 2022. Sedangkan untuk luar Jawa Bali dituangkan dalam Inmendagri Nomor 39 Tahun 2022 yang berlaku mulai tanggal 2 Agustus sampai dengan 5 September 2022.

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal Zakaria Ali, Selasa 2 Agustus 2022 mengatakan semua wilayah di Indonesia saat ini sudah berada pada PPKM Level 1. Menurutnya keputusan memperpanjang pelaksanaan PPKM sudah melalui kajian dan pertimbangan para pakar.

"Penetapan level 1 di seluruh Indonesia berdasarkan pertimbangan dari sejumlah pakar dengan mempertimbangkan kondisi faktual di lapangan," kata Safrizal.

Mantan Pejabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) ini mengakui dalam beberapa hari terakhir jumlah kasus Covid-19 sedang mengalami kenaikan. Meski demikian tingkat keterisian rumah sakit atau Bed Occupation Rate (BOR) masih terbilang rendah. Menurutnya kondisi tersebut harus dilihat secara paralel.

"Fatality rate dari virus Covid-19 saat ini terkendali sehingga masyarakat tidak perlu panik tetapi tetap menjaga disiplin protokol kesehatan, khususnya di tempat tertutup dan tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan," kata dia.

Keputusan pemerintah memperpanjang PPKM menurut Safrizal sebagai upaya antisipasi di tengah munculnya potensi kenaikan kasus Covid-19. Aturan tersebut diharapkan bisa membuat kondisi di tanah air tetap terkendali.

"PPKM kembali diperpanjang mengingat kondisi belakangan ini kasus aktif menunjukkan peningkatan dikarenakan sub-varian baru dari Omicron yang dikenal dengan istilah BA.4 dan BA.5. Pelaksanaan PPKM di seluruh daerah tetap menunjukkan penanganan pandemi yang terus terkendali," katanya.

Safrizal menambahkan terdapat beberapa perubahan pada Inmendagri tentang PPKM kali ini. Hal ini juga terkait dengan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 7 Tahun 2022 soal panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X