• Selasa, 9 Agustus 2022

Presiden Minta Siapkan Pengembangan Sorgum Gantikan Impor Gandum

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 16:51 WIB
Beras Sorgum (Istimewa)
Beras Sorgum (Istimewa)

Watyutink.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penyiapan peta jalan (road map) untuk menggenjot produksi sorgum sebagai pengganti gandum. Pengembangan lahan sorgum akan dilakukan di Kabupaten Waingapu, Nusa Tenggara Timur, seluas 154 ribu hektare.

Permintaan Presiden Jokowi itu disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas terkait peningkatan produksi sorgum dan kebijakan impor gandum di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

"Rapat internal hari ini terkait tentang peningkatan produksi dan hilirisasi dari sorgum dan terkait dengan perkembangan kebijakan impor gandum. Bapak Presiden meminta agar dibuatkan roadmap sampai dengan 2024," kata Airlangga.

Airlangga menuturkan, target untuk musim tanam 2022 adalah seluas 15 ribu hektar. Dengan tambahan pengembangan seluas 100 ribu hektar.

"Arahan Bapak Presiden diprioritaskan untuk NTT di Kabupaten Waingapu yang kemarin sudah dilihat Bapak Presiden, dan di 2023 disiapkan lahan 115 ribu hektare dan di 2024 sebesar 154 ribu hektare," kata Airlangga.

Airlangga mengungkapkan, luas tanam tercatat sebanyak 4.355 hektar dan tersebar di enam provinsi. Total produksi hingga Juni 2022 sebanyak 15.243 ton dengan produktivitas 3,63 ton per hektar.

Presiden Jokowi dalam arahannya menginginkan konsumsi gandum bisa disiapkan alternatifnya. Selain sorgum, substitusi gandum diarahkan ke tanaman sagu dan singkong. “Alternatif selain sorgum yaitu dari tanaman sagu dan Singkong. Oleh karena itu arahan Bapak Presiden, perlu dipersiapkan agar kita punya substitusi," ujarnya.

Kebutuhan gandum di Tanah Air bergantung pada impor. Sedikitnya sembilan negara melakukan pelarangan ekspor gandum untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri, antara lain Kazakhstan, Kirgizstan, India, Afghanistan, Algeria, Kosovo, Serbia, dan Ukraina.

Presiden meminta adanya substitusi dan diversifikasi dari gandum sebagai bahan pangan dan campuran pakan ternak. Pengembangan lahan sorgum akan menjadi satu ekosistem dengan peternakan sapi, mengingat batang dari sorgum bisa dimanfaatkan sebagai pakan. 

Editor: Sarwani

Tags

Terkini

X