• Minggu, 4 Desember 2022

Warga Kabupaten Pati, Jawa Tengah Dinyatakan Suspek Cacar Monyet

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi Cacar Monyet atau Monkeypox (Pixabay )
Ilustrasi Cacar Monyet atau Monkeypox (Pixabay )

Watyutink.com - Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yunita Dyah Suminar mengabarkan seorang warga Kabupaten Pati dinyatakan suspek cacar monyet atau monkeypox. Saat ini warga yang namanya masih dirahasiakan itu tengah menjalani isolasi di rumah sakit di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Saat memberikan Kamis 4 Agustus 2022, Yunita mengatakan pasien tersebut mengalami gejala mirip cacar monyet, seperti demam, bercak merah di kulit, dan pusing. Nanun pasien tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

"Tidak ada riwayat itu. Dugaan saja (tertular cacar monyet)," ujar Yunita.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pati, Aviani Tritanti mengatakan pasien tersebut belum pasti terinfeksi cacar monyet. Pasalnya hasil tes swab masih belum keluar. Namun karena gejalanya mirip cacar monyet pasien tersebut diberikan penanganan cacar monyet.

Baca Juga: Mengenal Cacar Monyet, Penyakit yang Kini Jadi Ancaman Dunia

"Namanya suspek kita curiga, belum tentu itu kasus cacar monyet, karena gejala yang diderita hampir mirip. Jadi dokter yang menanganinya mencurigai setelah konsultasi ke guru besarnya," ujar Aviani.

Saat memberikan keterangan Kamis 4 Agustus 2022, Aviani menceritakan pasien yang bekerja sebagai sopir itu masuk rumah sakit pada Jumat 29 Juli 2022. Gejala yang diderita saat itu demam, diare dan muncul cairan di kulit mirip cacar. Dinas Kesehatan Pati pun langsung melakukan tracing kepada keluarga pasien.

Sampai Senin 1 Agustus 2022, pasien tersebut masih dirawat di rumah di Pati untuk melakukan pemulihan. Sedangkan hasil tes swab dari Yogyakarta masih belum keluar. Itulah sebabnya pasien tersebut belum diperbolehkan pulang.

"Sampai hari ini belum tahu hasilnya," imbuh Aviani.

Baca Juga: WHO Jadikan Cacar Monyet Darurat Global, Kemenkes Awasi Ketat Kelompok Gay

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X