• Sabtu, 20 Agustus 2022

Komnas HAM Tak Yakin Brigadir J Lakukan Pelecehan Terhadap Istri Ferdy Sambo

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (Instagram @taufandamanik)
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (Instagram @taufandamanik)

Watyutink.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meragukan tuduhan adanya pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir Yoshua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J terhadap Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo. Pasalnya sampai saat ini tidak ada saksi yang menyatakan adanya tindakan pelecehan seksual oleh Brigadir J.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik saat berbicara di sebuah diskusi online Jumat 5 Agustus 2022 mengatakan dugaan pelecehan seksual masih belum diyakini. Termasuk juga tuduhan Brigadir J menodongkan senjata kepada Putri. Taufan bahkan menyebut tuduhan itu tidak logis.

"Sebagai penyelidik, kami bertanya-tanya ada apa ini, begitu. Tentu saja kami tidak mau menuduh sembarangan, tapi kami menduga, ada yang tidak logis begitu. Jadi saksi yang menyaksikan penodongan itu tidak ada, makanya kami juga belum bisa meyakini apakah terjadi pelecehan seksual atau tidak," kata Taufan.

Baca Juga: Perintahkan Semua yang Terlibat Kasus Brigadir J Ditindak Tegas, Kapolri: Termasuk Bintang Dua

Itulah sebabnya Taufan berharap berbagai pihak tidak memberikan penghakiman lebih awal terhadap siapa pun yang diduga terlibat dalam kasus ini. Pasalnya semua hal itu menurut Taufan belum bisa dipastikan kebenarannya.

"Soal kekerasan seksual atau dugaan pelecehan seksual. Semua belum bisa memastikan apakah itu terjadi atau tidak. Makanya saya bilang jangan disebarkan apa pun dulu, judgement-nya, kalau menduga oke," ujarnya.

Meski demikian, Taufan menegaskan Putri Candrawathi akan tetap diperlukan sebagai korban dugaan pelecehan seksual. Hal itu seperti diatur dalam Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

Taufan menambahkan perlakuan terhadap Putri juga sesuai dengan standar hak asasi internasional, yakni seseorang yang mengaku mendapat tindakan kekerasan akan diperluas layaknya korban meski kasusnya belum tentu benar.

Baca Juga: Bharada E Resmi Jadi Tersangka Penembakan Brigadir J, Polisi: Kasus Terus Dikembangkan

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X