• Senin, 15 Agustus 2022

Jadi Tersangka Dugaan Penistaan Agama, Roy Suryo Ditahan, Terancam 6 Tahun Penjara

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 11:30 WIB
Mantan Menpora Roy Suryo
Mantan Menpora Roy Suryo

Watyutink.com - Polda Metro Jaya akhirnya menahan Roy Suryo. Setelah sebelumnya mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama dan ujaran kebencian. Roy Suryo akan menjalani penahanan selama 20 hari ke depan terhitung mulai Jumat 4 Agustus 2022 malam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam keterangannya menyatakan Roy Suryo sudah diperiksa sebanyak 3 kali dalam kasus foto editan stupa Candi Borobudur mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pemeriksaan pada Jumat 4 Agustus 2022, pukul 13.00 WIB merupakan yang ketiga kalinya.

"Penyidik memutuskan mulai malam ini terhadap Roy Suryo Notodiprojo sebagai tersangka ujaran kebencian ini mulai dilakukan penahanan," ujar Zulpan.

Pemeriksaan pertama menurut Zulpan dilakukan pada Jumat 22 Juli 2022. Saat itu Roy diperiksa selama 12 jam. Sedangkan pemeriksaan kedua dilakukan pada Kamis 26 Juli 2022 atau 4 hari setelah pemeriksaan pertama. Pada kali kedua, Roy diperiksa selama sekitar 9 jam.

Baca Juga: Roy Suryo jadi Tersangka Ujaran Kebencian, Pengamat Ungkit Kasus Abu Janda, Ade Armando dan Ruhut Situmpul

Zulpan menuturkan saat menjalani pemeriksaan, Roy dalam kondisi sehat. Hal ini diketahui dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebelum proses pemeriksaan.

"Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, hasilnya dinyatakan sehat dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lanjutan terkait laporan yang telah dilayangkan," tutur Zulpan.

Mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) itu menegaskan polisi akan penegakan hukum tanpa pandang bulu. Zulpan menyebut semua warga negara sama di mata hukum. Itulah sebabnya polisi akan bekerja sesuai fakta hukum.

"Diharapkan dengan langkah yang dilakukan penyidik ini juga menunjukkan komitmen Polda Metro Jaya dalam rangka penegakan hukum yang tidak membedakan siapa pun," kata Zulpan di Mapolda Metro Jaya.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Prabowo Deklarasikan Diri Maju Sebagai Capres 2024

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:30 WIB
X