• Selasa, 9 Agustus 2022

Menhub Sebut KCJB Jadikan Jakarta ke Bandung Cuma 45 Menit, Warganet: Dia Pikir Rakyat Bodoh Semua

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 13:30 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi  (YouTube KCIC)
Menhub Budi Karya Sumadi (YouTube KCIC)

Watyutink.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yakin Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya warga Jakarta dan Bandung. Nantinya jika sudah beroperasi Kereta Cepat akan membantu dan meningkatkan konektivitas kedua kota besar di Pulau Jawa bagian barat itu.

Saat berbicara dalam konferensi pers virtual Jumat, 5 Agustus 2022, Budi mengatakan KCJB hadir dengan berbagai keunggulan. Salah satunya adalah KCJB bisa 'lari' hingga 450 kilometer per jam. Sehingga perjalanan Jakarta-Bandung yang tadinya sekitar 2,5 jam, bisa ditempuh hanya sekitar 45 menit.

“Penumpang hanya butuh 36-45 menit yang sebelumnya kurang lebih 2,5 jam untuk sampai ke tujuan antara Jakarta atau Bandung,” tuturnya.

Baca Juga: DPR Didesak Bentuk Pansus Kereta Cepat, Pengamat: Kalau Tidak Artinya Mereka Banci

Budi menjelaskan KCJB akan berhenti di 5 stasiun dengan 68 jadwal perjalanan setiap hari. Tiket yang ditawarkan pun tergolong terjangkau, sekitar Rp250 ribu hingga Rp350 ribu per orang. Budi berharap proses pembangunan proyek KCJB bisa rampung pada November 2022 bertepatan dengan momen Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20

“Dengan harga tiket yang masih tergolong cukup terjangkau penumpang dapat membeli fasilitas yang bisa mereka nikmati selama perjalanan. Bertepatan dengan momen G20 yang diadakan di Indonesia,” ujar Budi.

Mantan Direkrur Utama PT Angkasa Pura II ini menuturkan KCJB adalah proyek persahabatan antara Indonesia dan Cina. Pembangunan proyek prestisius ini selalu dibahas dalam pertemuan pimpinan kedua negara.

Pernyataan Budi tentang KCJB yang bisa 'berlari' sangat kencang itu mengundang komentar warganet. Beberapa diantaranya meragukan KCJB bisa melesat secepat itu. Terutama jika melihat jarak tempuh yang hanya 120 kilometer. Selain itu KCJB harus berhenti di 5 stasiun.

Baca Juga: Pemerintah akan Tambah Utang untuk Biaya Proyek Kereta Cepat, Arya Sinulingga: Mungkin dari China

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

X