• Minggu, 2 Oktober 2022

Diduga Lakukan Pelanggaran Etik, Irjen Ferdy Sambo Ditahan di Mako Brimob

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:30 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan Jumat 5 Agustus 2022 malam (Instagram divisihumaspolri)
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan Jumat 5 Agustus 2022 malam (Instagram divisihumaspolri)

Watyutink.com - Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo dikabarkan saat ini tengah diamankan di Markas Komando (Mako) Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Kabar tersebut disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat memberikan keterangan Jumat 6 Agustus 2022 di Mebes Polri, Jakarta Selatan.

Dalam keterangannya, Dedi menyatakan Ferdy Sambo dibawa ke Mako Brimob untuk menjalani pemeriksaan atas dugan melakukan pelanggaran etik. Dedi menambahkan pemeriksaan Ferdy bukan terkait kasus pembunuhan Brigadir Yoshua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J.

Dedi menjelaskan, Irjen Ferdy Sambo diduga telah melakukan pelanggaran profesionalitas. Tim dari Irsus, kata Dedi, menebalkan sangkaan kepada Irjen Ferdy Sambo terkait dengan dugaan pelanggaran kode etik Polri, yakni saat melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Yaitu berupa pelanggaran etik, berupa ketidakprofesionalan sebagai anggota Polri, dalam melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara) peristiwa (tembak-menembak) di rumah dinas Duren Tiga,” tutur Dedi.

Mantan Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) ini menerangkan, pelanggaran yang dilakukan Ferdy Sambo, diantaranya adalah pengamanan, pengambilan, dan dugaan pengrusakan kamera pengawas atau CCTV di TKP di rumah dinasnya. Seharusnya menurut Dedi, rekaman CCTV  menjadi alat bukti dan petunjuk bagi penyidik dalam mengungkap kematian Brigadir J.

Nantinya, Ferdy Sambo akan diperiksa oleh Tim Inspektorat Khusus (Irsus). Dedi menyebut pemeriksaan di Mako Brimob bisa lebih maksimal lantaran Ferdy akan ditempatkan di ruang isolasi khusus.
 
“Pada malam ini, Irjen Pol FS (Ferdy Sambo), langsung ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob selama proses pemeriksaan,” ujar Dedi.

Mantan Kapolres Lumajang, Jawa Timur ini menegaskan Ferdy Sambo masih belum ditetapkan sebagai tersangka meskipun sudah ditahan. Dedi menambahkan, sudah ada 10 orang saksi yang diperiksa terkait pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Ferdy Sambo. “Dari pemeriksaan saksi-saksi tersebut, Irsus menetapkan bahwa Irjen Sambo melakukan pelanggaran dalam olah TKP," ujar Dedi.

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X