• Minggu, 2 Oktober 2022

Indonesia Jadi Negara Luar Pertama yang Gunakan Kereta Cepat Buatan China

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:30 WIB
Seperti ini kira-kira bentuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung  (kcic.co.id)
Seperti ini kira-kira bentuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung (kcic.co.id)

Watyutink.com - Rangkaian kereta yang akan digunakan pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal segera tiba. Rangkaian kereta atau Electric Multiple Unit (EMU) itu saat ini dikabarkan tengah dalam perjalanan dari China ke Indonesia.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi dalam acara seremoni Penyelesaian Manufaktur & Pengiriman Perdana EMU Proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung, Jumat 5 Agustus 2022.

Dalam pernyataannya, Dwiyana mengatakan pengiriman EMU akan menjadi sejarah bahkan rekor, baik bagi Indonesia maupun China. Dwiyana menyebut pengiriman EMU akan menjadikan Indonesia negara Asia Tenggara pertama yang mempunyai Kereta Cepat.

Sedangkan bagi China, pengiriman atau ekspor EMU ke Indonesia adalah yang pertama kalinya. Artinya Indonesia adalah negara pertama yang menggunakan rangkaian kereta EMU selain China.

"Hari ini pengiriman EMU perdana, EMU, dan CIT (Comprehensive Inspection Train) ini akan menandai satu sejarah karena ini adalah pertama kalinya pengiriman EMU kereta api cepat dari Tiongkok ke luar negeri," ujarnya.

Dwiyana berharap pengiriman EMU dari China berjalan lancar. Sehingga rangkaian kereta bisa menjadi kado spesial bagi bangsa Indonesia yang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan yang ke-77.

"Dan ini akan menjadi hadiah yang spesial dari kita semua keluarga besar proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung untuk negara Indonesia yang akan merayakan hari kemerdekaan ke-77 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022," katanya.

Dwiyana juga meminta pihak kontraktor mengawal kereta dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta hingga sampai Stasiun Tegalluar, Bandung.

"Kami harapkan pengiriman EMU, CIT dari mulai pelabuhan Tiongkok sampai ke Pelabuhan Tanjung Priok bisa berjalan dengan lancar. Dan kami ingin memastikan kepada member contractor terutama CRRC agar pengiriman ini bisa dikawal, terutama terkait pengiriman dari Tanjung Priok ke Stasiun Tegalluar," ujar Dwiyana.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X