• Minggu, 25 September 2022

Ajudan Istri Irjen Ferdy Sambo Ditangkap, Tersangka Pembunuhan Brigadir J Jadi 2 Orang

- Senin, 8 Agustus 2022 | 08:30 WIB
Brigjen Andi Rian Djajadi saat mengumumkan penetapan Bharada E sebagai tersangka  (Instagram @divisihumaspolri)
Brigjen Andi Rian Djajadi saat mengumumkan penetapan Bharada E sebagai tersangka (Instagram @divisihumaspolri)

Watyutink.com - Tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yoshua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J bertambah. Hal ini setelah polisi menangkap Brigadir Ricky Rizal (RR) dan menetapkannya sebagai tersangka. Brigadir RR selama ini bertugas sebagai ajudan istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, yakin Putri Candrawathi.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Mabes Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan tersangka tersangka Brigadir RR sudah ditahan di Markas Komando (Mako) Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Penahanam dilakukan sejak Minggu 7 Agustus 2022.

"Sudah tersangka dan ditahan di Bareskrim Polri sejak kemarin," ujar Andi

Saat berbicara Senin 8 Agustus 2022, Andi menerangkan penetapan Brigadir RR sebagai tersangka adalah hasil penyelidikan yang dilakukan penyidik Tim Khusus (Timsus) Polri. Andi menyebut sudah ada 2 alat bukti yang membuat Brigadir RR resmi jadi tersangka kasus pembunuhan Brigadir J.

Andi yang juga Ketua Penyidik Timsus Polri menuturkan Brigadir RR dijerat dengan Pasal 340 KUHP terkait pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman mati. Brigadir RR juga dijerat dengan Pasal 338 juncto Pasal 55 dan 56 KUHP. Namun, Andi enggan menjelaskan secara rinci peran Brigadir RR dalam pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

"(RR disangkakan) dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP. Tidak usah tanya perannya, (sudah) ditahan bukan ditangkap lagi," ucapnya.

Penangkapan Brigadir RR membuat tersangka dalam kasus dugaan pembunuhan Brigadir J kini berjumlah 2 orang. Sebelumnya polisi secara resmi menetapkan Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E sebagai tersangka dalam kasus yang sama.

Saat memberikan keterangan pers Rabu 3 Agustus 2022 malam di Gedung Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Andi Rian Djajadi menyatakan setelah ditetapkan sebagai tersangka, Bharada E langsung ditahan. Tindakan penahanan dilakukan mulai hari itu juga.

"Bharada E ada di Bareskrim di Pidum setelah ditetapkan tersangka tentu akan dilanjutkan dengan pemeriksaan sebagai tersangka dan langsung akan kita tangkap dan kita tahan," kata Andi Rian.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Banding Ditolak, Ferdy Sambo Siapkan Langkah Hukum

Selasa, 20 September 2022 | 10:30 WIB
X