• Minggu, 2 Oktober 2022

Jaga Perasaan Semua Pihak, Polri Tegaskan Tak Akan Ungkap Motif Pembunuhan Brigadir J

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 12:00 WIB
Kabareskrim Komjen Agus Andrianto  (Instagram @agusandrianto.id)
Kabareskrim Komjen Agus Andrianto (Instagram @agusandrianto.id)

Watyutink.com - Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menegaskan pihkanya tidak akan mengungkapkan kepada publik apa motif pembunuhan Brigadir Yoshua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J oleh Irjen Ferdy Sambo. Agus menyatakan langkah tersebut demi menjaga perasaan semua pihak.

Saat memberikan keterangan kepada awak media, Kamis 11 Agustus 2022, Agus mengatakan informasi seputar pembunuhan Brigadir J hanya untuk kalangan internal penyidik. Nantinya informasi tersebut akan dibuka di persidangan.

"Untuk menjaga perasaan semua pihak, biarlah jadi konsumsi penyidik dan nanti mudah-mudahan terbuka saat persidangan," kata Agus.

Agus pun sepakat dengan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang menyebut motif pembunuhan Brigadir J sangat sensitif. Agus bahkan meminta berbagai pihak menggunakan dalih yang digunakan Mahfud terkait motif pembunuhan yang terjadi pada Jumat 8 Juli 2022 itu.

"Kalau enggak, izin pakai saja narasi Pak Menko Polhukam ya," ucapnya.

Mantan Kapolda Sumatera Utara ini menambahkan hingga saat ini penyidik masih menunggu hasil penyelidikan inspektorat khusus (Itsus) terkait dugaan pelanggaran etik dalam kasus pembunuhan Brigadir J. Menurut Agus Itsus tengah mengalami kasus yang terjadi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan itu

"Kasus turunannya kita tunggu Itsus sedang mendalami peran mereka," ujar Agus.

Sebelumnya Irjen Ferdy Sambo secara resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir Yoshua. Pengumuman sebagai tersangka dilakukan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Selasa 9 Agustus 2022 sore di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Saat memberikan keterangan pers, Listyo menerangkan penetapan Ferdy Sambo (FS) sebagai tersangka dilakukan setelah Tim Khusus (Timsus) melakukan gelar perkara pada Selasa 9 Agustus 2022 pagi. Hasilnya Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka dalam peristiwa yang menyebabkan Brigadir J meninggal dunia.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X