• Minggu, 2 Oktober 2022

Sempat Ricuh, Pendaftaran Anggota KIB ke KPU Diwarnai Teriakan ‘Zulhas Presiden’ dan ‘Airlangga Presiden’

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Ketiga Ketum partai anggota KIB dan pendukungnya sesaat sebelum melakukan pendaftaran di KPU (Instagram @airlanggahartarto_official)
Ketiga Ketum partai anggota KIB dan pendukungnya sesaat sebelum melakukan pendaftaran di KPU (Instagram @airlanggahartarto_official)

Watyutink.com – Tiga partai politik (Palrpol) anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama-sama melakukan pendaftaran ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu 10 Agustus 2022. Pendaftaran dilakukan langsung oleh masing-masing ketua umum (Ketum), yakni Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa.

Ketiga ketum parpol datang dengan disertai masing-masing kader dan sipatisan. Akibatnya suasana kantor KPU di kawasan Menteng, Jakarta Pusat menjadi sangat ramai dan penuh. Terlebih para kader dan simpatisan meneriakkan dukungan terhadap masing-masing ketum partai untuk menjadi Presiden RI.

Pendukung PAN meneriakkan dukungan kepada Zulkifli Hasan untuk maju sebagai calon presidan pengganti Joko Widodo (Jokowi). Saat pria yang bisa disapa Zulhas itu memasuki kantor KPU, simpatisan sontak meneriakkan “Zulhas Presiden.” Teriakan itu disambut dengan lambaian tangan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) ini.  

Kejadian serupa berlangsung saat Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto memasuki kantor KPU guna melakukan pendaftaran. Kader dan simpatisan Partai Golkar langsung menyambut ketua umum mereka dengan teriakan, “Golkar, Indonesia.” Seolah tak mau kalah dengan pendukung PAN, kader Golkar meneriakkan “Airlangga Presiden.”

Kericuhan sempat terjadi saat perwakilan ketiga partai memasuki kantor KPU. Semula para kader dan pendukung terlihar meriah dalam memberikan dukungan. Namun suasana berubah menjadi kericuhan saat datang ratusan orang berpawai sambil berselawat saak perwakilan KIB hendak memasuki kantor KPU. Pasalnya banyak kader dan pendukung memaksa memasuki kantor KPU meski tidak memiliki kartu akses.

Aksi saling dorong terjadi saat ketua umum ketiga partai memasuki kantor KPU. Bahkan Ketum PPP Suharso Monoarfa sempat kesulitan memasuki ruang tempat pendaftaran. Kejadian yang sama saat Airlangga Hartarto akan melakukan hal serupa. Akhirnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini bisa masuk setelah kader Partai Golkar membukakan jalan untuknya.

PAN mendapat kesempatan pertama melakukan pendaftaran. Dilanjutkan Partai Golkar dan PPP. Setelah melakukan pendaftaran ketiga ketua umum menyempatkan diri berfoto bersama sambil berbincang dengan awak media.

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X