• Minggu, 2 Oktober 2022

Mendag Musnahkan Pakaian Bekas Impor Senilai Rp9 Miliar

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:52 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Memusnahkan Pakaian Bekas Impor (Dok Humas Kemendag)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Memusnahkan Pakaian Bekas Impor (Dok Humas Kemendag)

Watyutink.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memusnahkan pakaian bekas impor sebanyak 750 bal senilai sekitar Rp9 miliar di salah satu gudang sewaan di Karawang, Jawa Barat.

Pemusnahan ini seiring dengan laporan masyarakat terkait penyebaran pakaian bekas impor. Pemerintah melarang pakaian bekas impor masuk ke Indonesia.

"Pakaian bekas impor jelas dilarang. Terlebih saat dicek di laboratorium, ini mengandung jamur yang jika digunakan dalam waktu lama akan merusak kulit," kata Zulkifli di Karawang, Jumat (12/8/2022).

Dengan demikian, pakaian bekas tersebut dapat membahayakan kesehatan masyarakat Indonesia jika dikenakan.

Baca Juga: Jokowi: 300 Juta Orang di Dunia Kekurangan Pangan Akut dan Kelaparan

Oleh karena itu, Zulkifli mengimbau masyarakat tidak mengonsumsi pakaian bekas impor. Kemendag juga akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait potensi bahaya kesehatan dari pakaian bekas impor.

Menurut dia, pakaian bekas impor berasal dari berbagai negara tetangga. Namun dia tidak menyebutkan negara mana saja yang menjadi sumber pakaian bekas tersebut.

Pakaian bekas impor masuk ke Indonesia lewat jalur 'tikus', melalui pelabuhan-pelabuhan kecil di perbatasan. "Ini masuk dari pelabuhan jalan tikus. Dari sana, baru dibawa ke sini (Pulau Jawa)," ujarnya.

Kemendag bekerja sama dengan Polri untuk memburu pelaku impor pakaian bekas di Indonesia. "Sedang kami terus kejar ada di mana pelaku ini. Ini barangnya ada, sepertinya pelakunya sudah terlatih, sudah sering," kata Zulkifli.

Baca Juga: Sama Seperti Bos Indofood, Mendag Zulkfili Hasan juga Bantah Harga Mi Instan Bakal Naik

Halaman:

Editor: Sarwani

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X