• Minggu, 2 Oktober 2022

Dana Awal Proyek IKN Nusantara Disetujui. Ini Jadwal Pembangunannya

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:15 WIB
Desain IKN Nusantara (pu.go.id)
Desain IKN Nusantara (pu.go.id)

Watyutink.comMenteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pendanaan pembangunan proyek IKN Nusantara sudah disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Kementerian PUPR tengah menunggu Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) proyek tersebut.

DIPA untuk pembangunan proyek IKN Nusantara tengah digodok oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan pejabat eselon I Kementerian Keuangan.

"Saya kira kalau DIPA (pembangunan proyek IKN Nusantara)-nya Bu Menteri Keuangan sudah setuju. Sudah oke. Semua sudah ada uangnya. Lagi ditelaah, biasanya dengan eselon I-nya, biasanya untuk masuk di dalam dokumen DIPA. Enggak masalah," ujar Basuki di Kementerian PUPR pada Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Pemerintah Optimistis Indonesia Masih Dilirik Investor Dunia. Ini Jumlah Investasi Masuk

Pembangunan infrastruktur IKN, menurut Basuki, membutuhkan anggaran sebesar Rp 5,4 triliun pada tahun ini. Untuk itu Kementerian PUPR mengajukan tambahan pendanaan sebesar Rp 5-6 triliun dan disetujui.

Sementara untuk kebutuhan anggaran pada tahun depan, Basuki mengatakan, disetujui tambahan dana sebesar Rp 26 triliun. Dana sebesar itu dialokasikan Rp 20 triliun untuk IKN, sementara sisanya Rp 6 triliun digunakan untuk paket reguler seperti bendungan, perumahan dan jembatan.

Konstruksi IKN akan dimulai pada September, meleset dari target sebelumnya yang dijadwalkan oleh Presiden Joko Widodo pada Agustus. Penandatanganan tender proyek rampung pada akhir Agustus. "Tanda tangan kontrak (akhir Agustus). Habis itu langsung konstruksi," kata Basuki.

Baca Juga: Siapa yang Diharapkan Mampu Membawa Masa Depan Indonesia?

Proyek infrastruktur yang akan dimulai pembangunannya meliputi pematangan lahan atau land development, jalan nasional, jalan logistik, jalan tol, dan rumah susun pekerja.

"(Istana) baru mau tender. Land development-nya sudah, tol-nya sudah tender, kemudian yang logistik sudah. Rumah susun untuk para pekerja juga mudah-mudahan akhir bulan ini sudah ada penetapan pemenang," ujarnya. 

Halaman:

Editor: Sarwani

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X