• Minggu, 2 Oktober 2022

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo Bersama 33 Orang Terkena OTT KPK

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:00 WIB
Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo (Instagram @masagungbupatine)
Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo (Instagram @masagungbupatine)

Watyutink.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan telah melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Pemalang, Jawa Tengah, Mukti Agung Wibowo. KPK menyebut OTT yang dilaksanakan pada Kamis 11 Agustus 2022 itu terkait kasus suap jual beli jabatan di Pemkab Pemalang.

Pelaksanaan tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat 12 Agustus 2022 mengatakan selain Mukti terdapat 33 orang lain yang turut ditangkap.  Mereka terdiri dari kepala dinas, sekda, kabid, dan pejabat lain di lingkungan Pemkab Pemalang

"Sejauh ini jumlah yang diamankan ada sekitar 34 orang yang terdiri dari bupati, kepala dinas, sekda, kabid, dan pejabat lain di lingkungan Pemkab Pemalang," kata Ali.

Bersama pihak yang terjera OTT turut diamankan barang bukti berupa uang yang jumlahnya masih dihitung oleh tim KPK. Ada pula sejumlah barang bukti lain yang ikut diamankan. Saat ini, tim KPK masih meminta keterangan dan klarifikasi kepada para pihak yang ditangkap.

"Jumlahnya masih terus diklarifikasi kepada pihak-pihak yang ditangkap, perkembangannya akan segera kami sampaikan," ucap Ali.

Penangkapan Mukti Agung Wibowo juga dibenarkan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Dalam keterangannya Jumat 12 Agustus 2022 Ghufron menyebut Mukti langsung menjalani pemeriksaan oleh tim penindakan KPK. Ia menerangkan mereka ditangkap di beberapa tempat di Pemalang dan Jakarta. Semua yang terjerat OTT pada Kamis 11 Agustus 2022 aka menjalani pemeriksaan intensif, termasuk tukan sapu.

Namun Ghufron tidak menjelaskan secara rinci materi pemeriksaan. Mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember ini berjanji pada saatnya akan memberikan keterangan rinci terkait OTT dan proses pemeriksaan Mukti Agung Wibowo dan pejabat Pemkan Pemalang lainnya.

"Tim penyelidik KPK sedang memeriksa pihak yang terkait untuk memperjelas dugaan perbuatan dan pelakunya. Pada saatnya nanti akan kami jelaskan secara lebih detil," ujar Ghufron.

Ghufron mengatakan, Mukti Agung Wibowo dan puluhan orang lainnya ini diamankan di beberapa lokasi berbeda pada Kamis, 11 Agustus 2022. Mereka diamankan di sekitaran DKI Jakarta dan Pemalang.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X