• Minggu, 2 Oktober 2022

Hanya 20 BUMN Rutin Bagi Dividen ke Negara. Ini Jumlah Setorannya

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:40 WIB
Logo Kementerian BUMN (Dok Kementerian BUMN)
Logo Kementerian BUMN (Dok Kementerian BUMN)

Watyutink.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan hanya sekitar 20 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang rutin setor dividen ke kas negara dari tahun ke tahun. Sementara jumlah perusahaan plat merah hingga Maret 2022 sebanyak 41 BUMN perusahaan.

"Data yang pernah saya baca, dari beberapa tahun terakhir ya hanya sekitar 20 BUMN lah yang setor dividen (ke kas negara), jadi sisanya memang belum," kata Direktur Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Sumber Daya Alam dan Kekayaan Negara Dipisahkan Kemenkeu Kurnia Chairi dalam Bincang Bareng DJKN, secara virtual, Jumat (12/8/2022).

Sekalipun hanya sekitar 20 BUMN yang menyetorkan dividen ke kas negara, total Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari laba yang disisihkan itu melampaui target yang ditetapkan APBN 2022 sebanyak Rp 37,91 triliun atau 102 persen dari angka yang dipatok pemerintah.

Baca Juga: Dana Awal Proyek IKN Nusantara Disetujui. Ini Jadwal Pembangunannya

Dia mengatakan, 10 BUMN yang menyetorkan dividen terbesar per 31 Juli 2022 adalah PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, PT Telkom Indonesia Tbk, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), PT Inalum, PT PLN, PT Pertamina, PT Semen Indonesia, dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

"Sisanya masuk kelompok BUMN lainnya, kalau saya tidak salah secara total tidak sampai 20," ujarnya.

Menurut dia, data yang ada menunjukkan dari tahun ke tahun hanya sekitar 20 BUMN yang rajin menyetor dividen. Jumlah dividen terbanyak yang disetorkan oleh 10 BUMN nilainya berfluktuasi.

Baca Juga: Menko Perekonomian Airlangga Optimistis Ekonomi Tumbuh 5,2 Persen Sepanjang Tahun Ini

"Beberapa tahun ini hanya sekitar 20 BUMN yang setor dividen, jadi sisanya memang belum. Tapi yang 20 itu tadi pun tahun demi tahun bervariasi juga distribusinya. Harus dilihat dari 20 BUMN tadi mana yang konsisten setor, mana yang ganti-gantian," ungkap Kurnia.

Dia mencontohkan setoran dividen PLN. Perusahaan setrum itu pada 2018 tidak masuk ke dalam 10 besar karena setorannya tidak sampai Rp 500 miliar. Sementara pada tahun berikutnya memberikan dividen Rp 4 triliun, namun pada 2021 tidak menyetor. Tahun ini PLN sudah menyetorkan dividen Rp 750 miliar.

Halaman:

Editor: Sarwani

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X