• Minggu, 2 Oktober 2022

Mahfud MD Salahkan Benny Mamoto Langsung Percaya Pernyataan Kapolres Jakarta Selatan

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD saat tampil di Podcast Deddy Corbuzier  (YouTube Deddy Corbuzier)
Menko Polhukam Mahfud MD saat tampil di Podcast Deddy Corbuzier (YouTube Deddy Corbuzier)

Watyutink.com - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD secara jelas menyalahkan Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen (Purn) Benny Mamoto. Hal ini terkait keterangan Benny soal pembunuhan Brigadir Yoshua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J.

Mahfud menyebut Benny memberikan pernyataan hanya berdasarkan keterangan mantan Kapolres Jakarta Selatan Budhi Herdi Susianto. Benny mengutip secara langsung tanpa terlebih dahulu mengecek kebenarannya. Padahal keterangan Budhi Herdi terkesan tidak masuk akal.

Saat berbicara di podcast Deddy Corbuzier Jumat 12 Agustus 2022 Mahfud mengatakan sepulang dari menunaikan ibadah haji, dirinya memanggil Benny guna meminta penjelasan soal kasus Brigadir J. Mahfud juga meminta penjelasan dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Menurutnya masih banyak yang menyatakan kasus yang terjadi di rumah Irjen Ferdy Sambo adalah pelecehan dan penzaliman. Kejadian itu berujung dengan insiden baku tembak yang menewaskan Brigadir J. Mahfud menyebut meski berkali-kali rapat ternyata masih banyak yang terjebak dengan pola pikir seperti itu.

"Saya panggil Kompolnas, lalu Komnas HAM. Berkali-kali saya rapat dengan Kompolnas dan Komnas HAM. Masih kadang kala masih terperangkap kerangka pikir itu, bahwa ini terjadi pelecehan terjadi penzaliman sehingga ditembak," ujarnya.

Mahfud yang menjabat sebagai Ketua Kompolnas ini pun memanggil Benny dan menanyakan mengapa langsung menganggap benar adanya pelecehan dan penzaliman. Padahal masih ada prespektif lain yang lebih masuk akan. Hal inilah yang membuatnya menyalahkan Benny.

"Saya panggil Pak Benny Mamoto. 'Anda salah. Kenapa Anda langsung bilang bahwa itu kejadiannya benar. Padahal ini ada prespektif lain yang lebih masuk akal'," kata Mahfud mengulangi perkataannya kepada Benny Mamoto.

Benny Mamoto disebut Mahfud masih berpedoman kepada penjelasan Kapolres Jakarta Selatan, Budhi Herdi Susianto terkait dugaan pelecehan seksual. Padahal dugaan itu menurut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini tidak masuk akal.

"'Anu Pak, begitu ada peristiwa Bapak ada di Mekkah, saya langsung Polres Jakarta Selatan. Saya mendapat penjelasan begitu dari Kapolres'. Kan yang salah Kapolres, saya bilang. Kenapa Anda langsung percaya? Itu ndak masuk akal," ujar Mahfud.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X