• Minggu, 2 Oktober 2022

Tidak Ada Pelecehan terhadap Istri Ferdy Sambo, Bareskrim Hentikan Penyidikan

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 13:00 WIB
Kabareskrim Komjen Agus Andrianto  (Instagram @agusandrianto.id)
Kabareskrim Komjen Agus Andrianto (Instagram @agusandrianto.id)

Watyutink.com - Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menyatakan pihaknya menghentikan proses penyidikan pelecehan seksual yang dilaporkan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Agus mengungkapkan berdasarkan fakta dan bukti, pelecehan tersebut tidak pernah ada.

Agus menerangkan pihaknya telah melakukan gelar perkara pada Jumat 12 Agustus 2022. Agus mengatakan dirinya secara langsung memimpin gelar perkara yang dilaksanakan di kantor Bareskrim Polri. Hasilnya tidak ditemukan bukti adanya pelecehan yang dialami Putri Candrawathi. di rumah dinas suaminya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada 8 Juli 2022 lalu.

“Saat pimpin gelar tadi, berdasarkan paparan Dirtipidum, semua saksi kejadian menyatakan Brigadir Josua almarhum tidak berada di dalam rumah,” ujarnya.

Saat memberikan keterangan, Jumat 12 Agustus 2022, mantan Kapolda Sumatera Utara ini membenar Brigadir Yoshua Nopryansah Hutabarat atau Brigadir J masuk ke rumah dinas Irjen Ferdy Sambo yang menjadi tempat kejadian perkara (TKP). Namun Brigadir J masuk setelah dipanggil oleh Ferdy Sambo.

“Almarhum J masuk saat dipanggil ke dalam oleh FS (Ferdy Sambo),” ujar Agus.

Selain laporan dugaan pelecehan seksual, Bareskrim juga menghentikan laporan dugaan pembunuhan oleh Brigadir J terhadap Bharada Richard Eliezer (RE). Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi mengatakan kedua laporan tersebut dihentikan karena tidak ditemukan bukti.

“Kedua perkara ini kami hentikan penyidikannya karena tidak ditemukan peristiwa pidana, bukan merupakan peristiwa pidana,” kata Andi.

Dijelaskan bahwa pelapor adalah Bripti Marten Gabe. Brigadir J dilaporkan atas dugaan percobaan pembunuhan terhadap Bharada RE. Brigadir J diduga melanggar Pasal 338 juncto Pasal 53 KUHP. Andi menerangkan pihaknya menerima 2 laporan, yakni model A soal dugaan pembunuhan dan model B terkait dugaan pelecehan.

“Jadi ada dua laporan polisi yang sebelumnya dilaporkan yaitu laporan model A terkait dugaan percobaan pembunuhan dan laporan model B terkait dugaan pelecehan itu tidak ada, oleh karena itu dihentikan penyidikannya,” kata Andi.

Halaman:

Editor: Yusuf Rinaldy

Tags

Terkini

Kapolri Siap Hadapi Tantangan Ferdy Sambo di PTUN

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 13:30 WIB

Berkas Perkara Sudah P21, Ferdy Sambo segera Disidang

Kamis, 29 September 2022 | 09:00 WIB
X